Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pola Hidup Sehat dan Langkah Penerapannya

Memahami maksud dan pengertian pola hidup sehat sekaligus langkah cara penerapannya secara benar penting untuk kita pahami dan jalankan sehari-hari agar diri kita selalu fit dan bugar dan juga tidak gampang sakit.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan  menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Langkah-Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat

pola-hidup-sehat

1. Konsumsi Makanan Yang Benar

Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan yaitu harus yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu kalian harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh juga.

Umumnya banyak yang belum memperhatikan masalah ini, bahkan banyak makanan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan namun justru banyak diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat Yang Benar

Beberapa langkah yang penting kita lakukan dalam menerapkan pola hidup sehat yaitu seperti:

Melakukan Olahraga Yang Teratur

Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh.

Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.

Lakukan Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Ciptakan Udara Yang Bersih

Bagi yang tinggal di kota besar, tinggal di daerah yang terbebas dari polusi hampir tidak mungkin. Walaupun demikian kita harus berusaha meminimalisir hal tersebut, setidaknya tidak menambah buruk kondisi udara.

Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara seperti menanam tanaman di pot disekeling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.

Ciptakan Lingkungan Yang Sehat

Jika ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan itu adalah termasuk iklim, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan atmosfir.

Memelihara lingkungan dengan baik berarti tidak mengotori lingkungan dengan segala macam kotoran seperti membuang sampah sembarangan, asap rokok, sisa bahan bakar industri, asap dari mobil ataupun pembakaran sampah dll.

Rasa Selalu Optimis

Tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi langkah seorang yang selalu optimis memandang hidup. Hambatan dan kegagalan bukanlah suatu halangan untuk terus maju, akan tetapi dianggap sebagai pelajaran untuk langkah berikutnya.

Bahkan optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Ini erat kaitanya dengan sistem imun tubuh. Seorang yang optimis akan memandang hidup seperti alunan nada, naik turun mengikuti irama, selalu cerah dan sangat mudah tertawa. Sikap seperti inilah yang mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Jadilah Pribadi Yang Kuat

Pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua komponen penting berkaitan dengan pengendalian diri. Pertama, pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohl, nrkoba, makanan yang mengandung pengawet dll. Kedua tidak berlebihan dalam menjalan.

6 Contoh Perilaku Hidup Sehat

  1. Mengkonsumsi makanan dan minuman yg mengandung gizi cukup,seperti makanan 4 sehat dan minum susu.
  2. Melakukan aktivitas fisik secara teratur,misalnya lari pagi tiap 30 menit tiap pekannya.
  3. Mencegah stress,misalnya dgn senantiasa berfikir positif dan tenang dlm menghadapi berbagai  masalah.
  4. Menghindari NAPZA(NArkotika,Psikotropika,dan Zat Aditif lainnya).
  5. Tidak merokok dan menghindari asap rokok.
  6. Tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah.

Dengan menerapkan pola hidup sehat secara benar sesuai yang telah caraida sampaikan diatas, harapannya tentu agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari sakit serta tetap bugar setiap harinya. Dengan tubuh yang sehat maka segala aktivitas akan menjadi lancar.