Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Gantungan Kunci Love Dari Kain Flanel

Walau terlihat sepele namun gantungan kunci memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu sebagai tanda dan pegangan untuk kunci itu sendiri. Dengan gantungan kunci maka kunci akan lebih mudah dibawa dan tidak gampang hilang.

gantungan-kunci-love-dari-flanel

Salah satu kerajinan tangan kreatif dengan berbagai bentuk yang unik serta lucu yaitu gantungan kunci. Bahanya bisa menggunakan apapun yang jelas memiliki fungsi utama yaitu sebagai pegangan kunci atau gantungan. 

Jika sebelumnya caraida sudah pernah bagikan beberapa tutorial handmade and craft seperti tempat pensil, kerajinan gelang, kerajinan anting dari barang bekas dan lainya. Nah untuk kali ini caraida akan kembali berbagi ide menarik terkait handmade dari kain flanel.

Gantungan kunci (key chain) bentuknya bisa bermacam-macam tergantung kesukaan. Namun disini caraida bukan ingin membahas tentang macam bentuk gantungan kunci, namun akan memberikan tutorial membuat gantungan kunci dari kain flanel dan dakron berbentuk hati atau Love.

Untuk membuat gantungan kunci bentuk hati yang lucu ini sebelumnya siapkan dulu bahan-bahan dan peralatannya berikut ini:

membuat_gantungan_kunci

#Bahan-bahan dasar untuk membuat;
  • Kain flanel
  • Dakron
  • Ring gantungan kunci
  • Lem tembak/bakar
#Peralatan untuk membuatnya;
  • Benang jahit
  • Jarum jahit
  • Gunting
  • Kertas tebal
  • Pensil

Langkah cara membuatnya yaitu silahkan sahabat perhatikan uraian berikut ini:
  1. Ambil kertas tebal bisa pakai kertas kalender atau kertas karton, asturo, dan lainya. Lalu gambarlah bentuk hati lebarnya kurang lebih 3 centimeter diatas kertas.  Kemudian potong gambar hati pada kertas mengikuti pola. 
  2. Ambil kain flanel, warnanya sesuai selera aja. Lalu tempelkan kertas bentuk hati yang tadi dipotong pada kain flanel. Kemudian potong dengan gunting kain flanel yang sudah ditempeli kertas cetakan bentuk hati mengikuti sesuai pola atau bentuknya. Buatlah dua potong kain flanelnya yang bentuknya hati (untuk warnanya boleh sama dan boleh beda-beda, terserah tergantung selera aja).
  3. Kemudian siapkan jarum dan benang jahit, usahakan pakai benang yang warnanya sama dengan kain flanelnya. Lalu satukan dua potong kain flanel berbentuk hati yang tadi dibuat, buat presisinya sama. Kemudian jahitlah tepi-tepinya yang membentuk hati, namun jangan sampai penuh sisakan sekitar 1 cm sebagai lobang untuk memasukkan dakron nanti. 
  4. Buatlah potongan kain flanel atau bisa memakai pita kira-kira panjangnya 2 cm, dan lebar setengah sentimeter. Lipat jadi dua dan masukkan ujung lipatan kedalam jahitan kain flanel tadi, sebelumnya isikan dakrok pada lobang flanel hati yang kalian jahit tadi. Jahitlah sampai penuh pada sisi-sisinya, usahakan rapi ya.
  5. Setelah jahitan beres dan dakron sudah terisikan, ambillah ring gantungan kunci, kemudianmasukkan kedalam lipatan tali atau gagang potongan  tadi. Dan kini gantungan kunci cantik berbentuk hati dari kain flanel sudah jadi.
  6. Jika sahabat ingin menambahkan rangkaian pita sebagai pemanis agar terlihat lebih cantik dan lucu. Untuk poin ini sahabat dapat melihat nya pada channel youtube kami “Hida Craft” atau Untuk lebih jelasnya dan tentang detail langkah-langkahnya secara lengkap dan rinci dapat sahabat lihat tutorialnya pada video yang sudah caraida siapkan berikut ini.


Gantungan kunci tersebut selain dipakai sendiri, juga dapat sahabat jadikan lahan bisnis karena jelas laku untuk dijual. Sahabat juga dapat melayani pesanan souvenir pernikahan gantungan kunci love untuk teman atau orang lain. Selamat berkreasi dan terus latih agar hasilnya lebih rapi dan bagus. 

Semoga apa yang caraida jelaskan melalui tutorial kali ini bisa memberikan manfaat untuk sahabat pembaca.