Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Khasiat Jeruk Nipis Dan Kandungan Manfaatnya

Kita semua tentu sudah mengenal jeruk nipis, jenis buah jeruk yang satu ini sering dipakai untuk minuman dan juga pelengkap rasa pada masakan.

Jeruk nipis yang kita kenal dengan rasanya yang asam dan sedikit pahit dan sering dipakai sebagai penyegar minuman ternyata banyak memiliki  manfaat bagi kesehatan. Selain itu kandungan yang ada pada jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat dan juga untuk perawatan kecantikan. Jeruk nipis sendiri memiliki banyak kandungan vitamin, diantaranya yaitu vitamin A, Vitamin B1 dan vitamin C. Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, juga mengandung flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Buah jeruk nipis masak mengandung asam synephrine dan N-methyltyramine. Disamping itu juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. 

khasiat-jeruk-nipis

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto.

Bagian-bagian jeruk nipis yang memiliki khasiat sebagai obat terdiri atas buah, bunga dan daunya. Dibawah ini adalah beberapa khasiat jeruk nipis yang dapat kita ambil.

Manfaat Buah Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis dapat kita gunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, diantaranya yaitu:

Manfaat Bunga dan Daun Jeruk Nipis

Buah dan daun jeruk nipis dapat kita gunakan sebagai obat tekanan darah tinggi (hipertensi).
Selain dari manfaat diatas, Jeruk nipis juga berkhasiat untuk kecantikan, antara lain: membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan ketombe. Dan juga jeruk nipis dapat kita gunakan untuk obat jerawat. 

Jeruk Nipis Untuk Perawatan Kecantikan

Teknik perawatan kecantikan dengan jeruk nipis ternyata banyak dilakukan oleh para pakar kecantikan. Salah satunya yaitu menjadikan jeruk nipis sebagai masker wajah alami. Mungkin sebagian sahabat belum tahu jika jeruk nipis yang memiliki rasa asam dan juga biasa dipakai untuk bumbu masak serta campuran minuman ini dapat digunakan sebagai masker pembersih wajah alami. Untuk itu silahkan sahabat baca terus uraian berikut ini.

Jeruk nipis yang sering kita lihat sebagai buah jeruk yang masam dan mudah didapatkan ini ternyata menyimpan banyak sekali kandungan manfaat didalamnya. Contohnya yaitu sebagai masker untuk membersihkan flek hitam pada wajah dan juga untuk menghilangkan minyak yang ada di wajah. 

Resep kecantikan alami dengan  jeruk nipis ini merupakan kabar baik bagi para kaum hawa yang lebih suka merawat tubuh dan menambah kecantikanya secara alami dan juga murah. 

Ini menjadi resep cantik yang penting diketahui oleh kaum hawa, kalau ada yang lebih murah, aman dan manjur kenapa harus pakai perawatan yang mahal, mending duitnya tuh disisihkan saja untuk ditabung. Hehe..

Lalu apa saja manfaat jeruk nipis dan bagaimana cara menggunakannya untuk perawatan kecantikan? Pertanyaan tersebut dapat terjawab dalam penjelasan dibawah ini.

Selaian sebagai masker pembersih wajah alami, ternyata kandungan pada jeruk nipis ampuh menghilangkan noda-noda hitam di wajah serta dapat menghilangkan jerawat yang membandel (jerawat yang lengket buanget di muka) yang bisa membuat kalian malu dan gak percaya diri. Nah agar itu semua tidak terjadi, caraida kali ini bagikan tips cantik ala jeruk nipis untuk sahabat setiaku semuanya.

Membuat Masker Jeruk Nipis

  1. Silahkan campurkan madu 1 sendok makan dan 1 sendok air jeruk nipis dan jadilah masker.
  2. Kemudian aplikasikan pada wajah hingga 10 menit, setelah 10 menit bilaslah dengan air hangat, untuk menghilangkan sisa sisa kotoran yang menempel diwajah. Mudah bukan!
Selain itu Jeruk nipis juga bisa untuk mengurangi minyak pada wajah. Di anjurkan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin, paling tidak sehari sekali untuk hasil optimal.

Itulah beberapa khasiat, manfaat , dan kadungan vitamin pada jeruk nipis yang dapat kita gunakan untuk pengobatan penyakit dan  perawatan kecantikan. Caraida rasa pembahasan kali ini kita cukupkan sampai disini dulu, besok kita sambung dengan pembahasan lainya. Semoga informasi yang caraida bagikan ini bermnafaat.