Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Sehat Kendalikan Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol menjadi salah satu hal yang menakutkan untuk kita, khususnya mereka yang memiliki jumlah kolesterol berlebih. Kolesterol yang tinggi pada tubuh manusia dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Untuk itu kita harus mengendalikan kolesterol pada tubuh dengan menjaga pola hidup sehat dan makan-makanan yang sehat.

Ada sebuah ungkapan terkenal yang tentu sudah sama-sama kita pahami maksudnya yaitu “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Memang sehat itu mahal nilainya, tidak ada orang yang mau sakit, mungkin saat sedang sehat kita seringkali lupa dan tidak menyadari akan pentingnya kesehatan. Dan barulah saat sakit kita baru sadar bahwa sehat itu benar-benar mahal harganya. Walau begitu agar diri tetap sehat kita perlu melakukan langkah pencegahan agar diri tidak sakit, dan itu tidaklah mahal, jika bisa mencegah kenapa tidak di lakukan? 

Seperti yang kita tahu kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Kolesterol  tinggi tidak hanya di alami orang yang bertubuh gemuk saja, tetapi juga orang yang bertubuh kurus. Selain itu, kolesterol dapat menimpa orang yang bisa di bilang masih berusia muda. Karena itu, semua kalangan umur harus berusaha menjalani pola hidup sehat agar kolesterol dalam darah tetap normal.

Sebenarnya, tubuh memiliki dua komponen lemak. Pertama, kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang dapat menempel pada pembuluh darah. Kedua, kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) adalah lemak yang berfungsi melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Dalam tubuh manusia, kadar kolesterol normal hanya berkisar antara 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus di cegah agar tubuh tetap sehat.

mencegah_kolesterol_tinggi

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah mengontrol kolestrol dalam darah sehingga anda terbebas dari masalah kolesterol.

1. Lakukan Diet

Perbanyaklah konsumsi makanan yang  rendah lemak dan kolesterol. Misalnya, mengonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Lalu, pilihlah makanan yang mengandung  lemak tak jenuh dibandingkan kandungan lemak jenuh. Selain itu, minyak yang di gunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sebaiknya, anda mengurangi konsumsi makanan yang di goreng.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Perbanyak mengonsumsi makanan berserat, seperti gandum, kacang-kacangan,  sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sebab jenis  makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

3. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan, semisal jeruk, stroberi, papaya, wortel atau labu. Selain itu, konsumsi bawang putih secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya bisa untuk menurunkan kolesterol saja, dengan mengonsumsi antioksidan anda akan mendapatkan manfaat ganda. Yaitu mampu menangkal radikal bebas yang di sebabkan oleh radiasi sinar matahari. Sehingga kulit anda tetap sehat.

4. Menghindari alkohol dan merokok

Dengan mer*kok atau mengonsumsi alk*hol maka kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah. Meskipun di sisi lain ada yang mengatakan manfaat merokk, tapi tak di pungkiri bahwa rokk benar-benar merugikan bagi tubuh dan berbahaya bagi kesehatan.

5. Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu anda menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apapun jenis olahraga yang anda lakukan, usahakan tidak melewatkan olahraga barang seharipun. Mulai dari olahraga yang paling murah dan sederhana seperti lari sampai yang harus menunjungi tempat fitness dengan biaya yang tidak murah pastinya. Apapun itu, lakukanlah dengan rutin dan rasakan manfaatnya.

6. Perhatikan Komposisi Makanan

Pada dasarnya, makanan merupakan hal penting yang dapat berpengaruh pada tubuh. Tak terkecuali dapat menyebabkan kolesterol. Maka, perhatikan komposisi makanan anda, jangan asal makan, jangan asal kenyang.

Kesehatan itu mahal, tapi tetap bisa dijaga dengan langkah mudah dan biaya yang murah. Contohnya yaitu seperti yang telah caraida paparkan di atas. Semoga informasi cara mencegah kolesterol pada dalam tubuh ini bermanfaat untuk semua.