11 Tips Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa

Saat kalian menjalankan ibadah puasa, tentu menahan rasa lapar dan haus menjadi hal yang harus dilakukan mulai sahur hingga matahari terbenam atau waktu berbuka. Bagi kalian yang muslim datangnya bulan ramadhan tentu sangat menggembirakan. Seperti sekarang ini dimana ramadhan seagai bulan penuh hikmah dan ampunan telah datang. Di bulan ini Umat Muslim diwajibkan berpuasa sehari penuh, tidak makan, tidak minum, dan menahan nafsu-nafsu lain yang dapat membatalkan puasa.

Puasa intinya adalah menahan nafsu, sedangkan nafsu itu bisa bermacam-macam kategori, contohnya makan, minum, marah-marah, bersenggama di siang hari, dan lainya. Saat puasa kita juga dianjurkan  banyak-banyak melakukan amalan baik dan meningkatkan kualitas ibadah kita. banyak sekali hikmah dalam berpuasa. Selain kita akan terbiasa dengan rasa lapar dan daharaga, Puasa juga menyehatkan organ tubuh kita.

Agar bisa menahan lapar sampai lama saat puasa

Bagi sahabat yang tidak tahan lapar dan belum terbiasa dengan rasa lapar serta takut kelaparan atau kehausan saat berpuasa. Tenang saja, kuncinya adalah niat, asalkan sahabat sungguh-sungguh niat berpuasa pasti kuat menahan lapar dan haus. Asal ada kemauan pasti bisa!. Tidak bisa menahan lapar saat puasa ini biasanya sering terjadi pada anak-anak yang baru berlatih puasa. Untuk itu khusus pemula seperti anak yang bar belajar puasa tentu butuh tahapan penyesuaian lebih dulu.

Terkat cara menahan lapar saat puasa, berikut ini caraida bagikan beberapa tips ampuh agar dapat menahan lapar dan haus saat berpuasa ramadhan.

  1. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi, baik saat berbuka atau saat sahur. Makanan yang sehat dan bergizi akan memberikan kekuatan dan daya tahan bagi tubuh sahabat.
  2. Makan juga makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini dapat membuat sahabat tahan terhadap rasa lapar.
  3. Sebaknya pilih jenis makanan yang dapat menahan rasa lapar sampai lama seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau dan segar.
  4. Saat sahur, jangan makan sahur terlalu awal atau memiliki jarak yang jauh dengan waktu imsak. Makanlah sahur setidaknya 30 menit sebelum waktu imsak.
  5. Jangan terlalu banyak makan sahur yang membuat perut penuh dengan makanan sehingga terasa sesak. Itu justru tidak sehat dan dapat membuat perut sahabat cepat lapar.
  6. Hindari makan makanan yang pedas dan makanan dengan bumbu yang menyengat saat sahur.
  7. Minum air putih yang cukup saat sahur.
  8. Jangan lupa tambahkan satu gelas susu dan teh manis saat sahur sesudah makan. Namun khusus teh manis jangan terlalu banyak, karena dapat membuat sahabat mudah cepat kencing.
  9. Saat buka puasa jangan buka dengan minuman dingin atau es. Hal ini untuk menghindari radang di tenggorokan dan bibir. Sebaiknya minumlah teh manis hangat terlebih dahulu. Jangan langsung minum susu saat buka, hal ini akan membuat perut langsung kenyang sehingga takut sudah tidak doyan makan nasi lagi.
  10. Saat kerja di kantor, sebaiknya kencangkan ikat pingang sahabat. Ini bisa membuat perut tetap kencang dan tidak keroncongan.
  11. Istirahat yang cukup dan tidur. Karena katanya tidur saat puasa adalah sebagian dari ibadah. (tidur ibadah: disini yang dimaksud adalah ketika sedang berpuasa jika dikhawatirkan puasanya batal karena godaan nafsu seperti makan, berkelahi, marah2, maksiat dll. Maka akan lebih baik dipakai tidur sehingga kita aman dari godaan nafsu tadi. Inilah yang dimaksud dengan tidur orang berpuasa adalah ibadah).

Itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan agar dapat menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa ramadhan dari pagi sampa magrib. Selanjutnya carada ucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa bagi sahabat yang menunaikannya,” semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi amal baik saya dan juga teman yang mau membagikannya.