Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cepat Meluruskan Rambut Keriting Permanen Paling Aman dan Mudah Dilakukan

Hallo sahabat caraida semuanya, apa kabar hari ini, semoga sahabat selalu dalam keadaan sehat dan terus bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian. Tahukah sahabat jika rambut kriting itu bisa dibikin lurus dan indah, ada banyak para pemilik rambut kriting yang berhasil merubah rambutnya menjadi lurus dan tetap sehat tanpa membuat rambutnya rusak. Bisakah itu dilakukan, bisa saja jadi disini tergantung bagaimana cara yang dipakai dalam meluruskan rambut tersebut.

Gambar teknik meluruskan rambut keriting secara mudah dan sehat alami

Salah satu alasan pemilik rambut keriting ingin meluruskan rambutnya yaitu karena rambut kriting lebih susah diatur dan terkesan berantakan, karena itulah mereka berupaya agar rambutnya bisa lurus sehingga mudah diatur dan terlihat lebih rapi. 

Ada banyak cara meluruskan rambut permanen, setidaknya ada dua teknik umum yang sering digunakan yaitu dengan peralatan khusus untuk meluruskan rambut dan dengan metode perawatan alami dengan memanfaatkan bahan-bahan seperti tumbuh-tumbuhan untuk bikin rambut lurus. 

Nah dikesempatan ini caraida akan bagikan teknik meluruskan rambut dengan 2 metode yaitu pertama menggunakan alat-alat sederhana dan obat khusus perawatan rambu, dan yang kedua cara meluruskan rambut dengan bahan-bahan alami yang memanfaatkan tanaman dan tumbuh-tumbuhan alami disekitar kita. 

Kita semua sadar bahwa rambut merupakan suatu mahkota bagi kita. Itulah kenapa banyak orang yang selalu memperhatikan bentuk potongan rambutnya agar indah, rapi, modis sesuai yang diinginkan. Tidak hanya itu perawatan pun selalu dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan tumbuh segar. 

Baik sahabat caraida yang baik, mari kembali lagi tentang cara meluruskan rambut keriting. Bagi yang tidak sabar mengetahui tekniknya langsung saja berikut ini penjelasannya.

Cara meluruskan rambut dengan peralatan sederhana 

Selain murah, cara inipun aman digunakan karena sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya. Ikuti semua tips dan langkahnya satu persatu untuk mendapatkan rambut lurus tanpa harus menimbulkan kerusakan.

Berikut ini merupakan cara meluruskan rambut tanpa menggunakan alat pelurus dan tidak menyebabkan rambut kering.

Peralatan untuk meluruskan rambut

Sebelum melakukannya siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan di bawah ini:
  • Shampoo
  • Hair dryer atau pengering
  • Sisir
  • Kondisioner

Langkah dan tahapan pelurusan rambut

Jika semua alat yang dibutuhkan telah siap, selanjutnya yang pertama dikerjakan yaitu; mulailah untuk mencuci rambut dengan shampoo yang biasa kita gunakan, gunakan shampoo yang cocok agar tidak menyebabkan kerusakan.

Setelah proses di atas selesai, kita bisa langsung menerapkan cream kondisioner ke seluruh helaian rambut, lakukan secara perlahan untuk memastikan kondisioner dapat menjangkau semua helaiannya. Diamkan selama beberapa menit agar kondisioner dapat diserap lalu bilas hingga bersih.

Sekarang kita masuk pada tahap pengeringan, penting untuk diperhatikan bahwa jangan sekali-kali menggosoknya dengan handuk saat mengeringkannya. Cukup tutupi dan bungkus dengan handuk kering lalu tunggu sampai air terserap oleh handuk. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kerusakan.

Setelah air yang terdapat pada rambut tererap oleh handuk, kini saatnya kita mulai menggunakan hair dryer. Penggunaan hair dryer hanya bertujuan untuk menggantikan peran pelurus, bukan untuk mengeringkannya. Agar hasilnya maksimal, pilihlah tipe hair dryer yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Lakukan langkah ini secara benar dan teratur.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Bahan Alami

Selain dengan menggunakan peralatan sederhana diatas, kita juga bisa meluruskan rambut dengan menggunakan bahan –bahan alami berikut ini.

1. Mengunakan Santan dan Jus lemon

Satu cangkir santan dan setengah cangkir juice lemon dicampur, lalu dinginkan ke dalam kulkas biar mengental. Lalu usapkanlah pada rambut kalian hingga merata kemudian bungkus dengan shower cap. Selanjutnya diamkanlah sekitar satu jam atau tunggu hingga kering.

2. Menggunakan Susu

Benarkah susu dapat dijadikan bahan dasar untuk meluruskan rambut, saya sendiri belum pernah mempraktekkannya, namun banyak referensi yang mengatakan bahwa susu memiliki kandungan vitamin yang dapat membuat rambut sehat dan juga bisa untuk membuat rambut keriting jadi lurus. 
Untuk teknik pemakaian susu untuk bikin rambut lurus yaitu dengan masukkan susu dan air ke dalam botol semprot bekas dengan perbandingannya yaitu 1:1, kemudian kalian semprotkan susu tadi ke rambut secara merata dan diamkanlah antara 20-25 menit. Sisir hingga halus dan rata lalu diamkan sebentar. Cuci dengan shampoo dan conditioner.

3. Menggunakan Kelapa muda dan Jeruk nipis

Kelapa muda selain menyegarkan sebagai minuman bergizi dan sehat, juga dapat dipakai untuk membuat rambut keriting jadi lurus. Caranya yaitu:

Ambil satu gelas air kelapa dan 2 sendok makan air jeruk nipis, lalu campurkan, dan masukkan ke lemari es, diamkan sebentar. Selanjutnya ramuan tadi Oleskanlah ke rambut mulai dari ujung hingga akar rambut secara meratadan pijat-pijat dengan lembut. Kemudian sisir rambut dan bungkus dan diamkan sebentar. Jika sudah bilas rambut dengan air secukupnya.

4. Menggunakan Daun Seledri

Tumbuk daun seledri yang masih segar hingga halus dan berikan sedikit air, dan peras untuk mengambil sari airnya. Kemudian masukkanlah perasan daun seledri kedalam botol, dan diamkan selama satu malam. Gunakan air perasan daun seledri sebagai creambath pada keeseokan harinya. Dan setelah selesai keramas pakailah shampoo agar rambut tidak bau seledri.

5. Meluruskan rambut dengan minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang baik untuk rambut, minyak zaitun juga bisa sahabat pakai untuk membuat rambut keriting menjadi lurus permanen. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan dua butir telur yang sebelumnya telur sudah dikocok hingga merata. campurkan kedua bahan tersebut sampai rata dan kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut hingga akarnya. Pijit-pijit bersamaan dengan pengolesan, dan kemudian biarkan hingga sekitar 2 jam. Setelah itu bilasilah rambut (keramas) dengan shampoo agar rambut tidak lengket dan bau amis telur.

Catatan penting untuk kalian bahwa rambut akan lebih mudah bisa diluruskan syaratnya yaitu rambut harus panjang. Namun dilain sisi banyak dari kita merasa kesulitan dalam menjaga rambut panjang agar tetap lurus permanen sehingga tidak lagi kembali keriting suatu saat. Untuk itu agar rambut lurus permanent sahabat dapat membaca tips agar rambut tetap lurus dan panjang yang memang sebelumnya sudah caraida share di blog ini.

itulah beberapa cara mudah meluruskan rambut keriting dengan peralatan sederhana dan bahan-bahan alami yang mudah untuk kita dapatkan. Silahkan lakukan cara diatas dengan teratur dan ketepatan bahan dan alat juga harus diperhatikan karena menentukan hasilnya juga. Semoga ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.