11 Cara Efektif Meningkatkan Prestasi Akademik di Sekolah

11 Tips mudah dan paling efektif meningkatkan prestasi akademik di sekolah dengan cepat dan mudah ini caraida bagikan buat para orang tua/wali murid atau sahabat yang masih sebagai pelajar ataupun mahasiswa dan duduk bangku sekolahan. Mungkin spara orang tua pernah merasa jika anaknya masih belum mampu berprestasi secara baik, atau sahabat sendiri juga merasa belum dapat berprestasi dengan maksimal selama ini padahal sudah melakukan pembelajaran dengan semestinya. 

Tips dan cara efektif meningkatkan prestasi akademik

Jika hal tersebut terjadi pada anak anda atau sahabat alami sendiri mungkin saja bukan karena kurang mampunya otak sahabat dalam memahami semua pelajaran yang diberikan, namun bisa juga karena penerapan metode atau cara belajar yang kurang pas sehingga otak tidak dapat maksimal dalam merekam semua pelajaran yang diberikan.

Siapa yang tidak mau berprestasi secara akademik baik di sekolah maupun di kampus, jika seseorang dapat berprestasi tentu itu jadi suatu hal yang membanggakan untuk diri sendiri maupun keluarga khususnya orang tua kita. Guru, atau Dosen kalian pun tentu akan ikut bangga dan senang atas prestasi tersebut. Nah untuk cara agar bisa berprestasi dan unggul diantara teman-teman sekolah, ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan kaitanya dengan metode cara belajar, sistem belajar, dan bagaimana membagi waktu belajar.

Terkait segala permasalahan tersebut maka berikut ini caraida berikan beberapa tips dan trik mudah agar kalian dapat berprestasi bidang akademik secara maksimal.

1. Carilah identitas diri sehingga melatih rasa tanggung jawab

Jika bapak dan ibu guru meminta kita kalian untuk mengerjakan sesuatu misalnya mengerjakan soal di depan kelas, membersihkan ruang kelas, dan sebagainya janganlah ragu untuk mengerjakanya. Karena mungkin tidak kalian sadari dari hal-hal itu otomatis akan menimbuilkan semacam pencarian kemampuan, jati diri, dan juga rasa tanggung jawab dalam diri kalian.

2. Dengarkan penjelasan guru

Sudah seharusnya siswa untuk fokus dengan penjelasan guru. Penting bahwa jika menerima pertanyaan dari teman kalian atupun guru, jangan pernah ragu dan malu untuk menjawab pertanyaan itu, jangan takut salah atau dinilai kurang paham, yakin bahwa semuanya merupakan proses belajar, untuk itu jawablah setiap pertanyaan yang diajukan semampumu.

3. Hindari rasa malu untuk bertanya

Jangan pernah malu untuk bertanya jika memang belum paham. Bertanyalah kepada teman atau guru kalian jika merasa belum paham tentang suatu materi atau persoalan, minta teman atau guru mengulangi penjelasanya hingga kalian benar-benar memahaminya.

4. Selalu mengerjakan tugas baik di kelas ataupun di rumah secara baik

Jika ada tugas baik saat KBM di kelas atau PR, selalu kerjakan sebaik-baiknya dan jangan bermalas-masalan. Hindari alasan apapun seperti lupa atau menunda-nunda pekerjaan.

5. Bagi waktu (istirahat, main, dan diskusi)

Setelah pulang sekolah, jangan lantas bermain dan melupakan segala hal penting lainya misalnya makan, atau ibadah. Setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energy tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan dan makanan yang kalian makan. Oleh karena itu, kalian harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat, dan bermain. Dengan begitu kalian akan tidak mudah capek dan juga tidak akan mengantuk saat mengikuti pelajaran di kelas.

6. Ulangi pelajaran yang pernah diajarkan di sekolah

Coba saat dirumah selalu pelajari kembali semua pelajaran yang dijelaskan guru saat dikelas, terus pahami dan ingat selalu. Dengan begitu maka kalian tidak akan lupa banyak hal yang kalian dapatkan terutama saat ada ulangan, kalian tidak perlu mempelajari banyak bahan.

7. Banyak berlatih terhadap semua pelajaran

Jangan pernah bosa untuk terus berlatih untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuanmu, kalian dapat berlatih seperti memperbanyak bahan bacaan dan mengajarkan soal-soal.

8. Ikutilah kegiatan yang mampu meningkatkan prstasi

Gali terus potensi diri, terus tingkatkan kemampuan hingga kalian sendiri sekaan tidak percaya akan capaian kalian. Lakukan terus dan tingkatkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif, misalnya saja bermusik, melakukan olahraga, menulis karya ilmiah, membuat puisi, dan lainya.

Tingkatkanlah kegiatan yang kalian sukai. Kalian tahu jika di dunia ini banyak sekali orang berprestasi diluar sekolah, prestasi sendiri tidak hanya didapat disekolah, diluar sana banyak yang sukses menjadi milyarder walau dia tidak lulus sarjana ataupun doctor, semua itu dicapai berkat kegigihanya dalam menggali potensi dirinya agar bisa menjadi orang yang sukses.

9. Cari pembimbing dan teman yang baik

Jelas orang tua adalah pembimbing yang baik selain guru. Namun jika ada hal yang kurang jelas dari keterangan guru saat di sekolah, kalian bisa menanyakan hal tersebut kepada orang tua, atau jika merasa orang tua masih belum dapat menjelaskannya, kalian bisa juga mencari teman dekat yang baik, yang mengarahkan pada kebaikan, bukan mengajak pada kesesatan. Kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

10. Hindari berbuat curang

jelas perbuatan curang merupakan salah satu perbuatan dosa dan itu dilarang. maka jauhilah perbuatan curang dan jangan sekali-kali melakukannya seperti misalnnya mencontek, mencuri, dan perbuatan yang tidak baik lainya, ingat bahwa kalian bisa menjadi bodoh akibat perbuatan tersebut.

11. Hindari menipu, mengejek teman, ,maupun perkelahian

Menipu jelas perbuatan dosa dan melanggar undang-undang, dan itu perbuatan buruk yang dilarang. Hindari itu dan jangan sekali melakukannya, jangan juga lakukan perkelahian, membully atau mengejek orang lain, dan perbuatan yang tidak baik lainya. 

Ingat:

Terus tingkatkan potensi diri dan berprestasilah mulai sekarang, rubah perilaku buruk arahkan ke perilaku baik. Rubah pola pikir dan berteman dengan teman yang baik-baik dan mampu membantu kalian berprestasi. Dengan begitu yakin bahwa kalian akan dapat membuktikanya dengan bekerja keras selagi yang lain tidur. Teruslah berusaha dan jangan lupa Ibadah dan berdo’a kepada Tuhan YME. dengan sungguh-sungguh agar diberikan perlindungan dan bimbingan untuk menjadi orang berprestasi, unggul, dan sukses kedepannya.

Itulah beberapa tips terkait cara membuat diri berprestasi dibidang akademik. Semoga apa yang caraida uraikan ini dapat memberikan manfaat untuk sahabat semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel