Proses Cara Membuat Telur Asin Paling Cepat dan Mudah

Telur asin tentu tidak asing lagi bagi Anda. makanan ini sudah menjadi kegemaran bagi banyak orang. Telur asin dapat kita santap begitu saja atau bisa juga dihidangkan dengan makanan lainya. Mungkin kita semua sudah pernah makan telur asin yang memang banyak di sediakan di warung-warung makan, seperti warteg dsb. Namun, apakah sobat sudah tahu cara membuat telur asin tersebut. jika sobat tertarik  untuk membuat telur asin sendiri kali ini caraida bagikan cara membuat telur asin cepat dan mudah.

Umumnya telur asin yang bagus menggunakan telur bebek karenaTelur bebek memiliki ukuran yang besar serta rasa yang enak dank khas. Telur bebek juga tidak mudah pecah karena memiliki cangkang yang kuat. 

Langsung saja berikut ini cara membuat telur asin paling cepat dan mudah untuk dilakukan.

membuat telur asin

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat telur asin :
  • Kuali tanah atau panci
  • Kompor atau alat pemanas
  • Alat pengaduk
  • Stoples atau alat penyimpan telur
  • 1 ½ liter abu gosok atau bisa pakai bubuk batu bata merah 
  • Garam dapur ½ kg
  • 50 gram teh / 3 liter air larutan daun teh (bila perlu) 
  • Air bersih secukupnya
  • Peralatan khusus yang untuk memudahkan proses membuat telur asin :
  • Ember plastik
  • Telur bebek yang bermutu baik 30 butir

Cara Membuat telur asin mudah dan cepat:
  1. Usahakan pilihlah telur yang berkualitas baik ( telur yang baik adalah telur yang utuh, ukuranya besar, tidak retak atau busuk) Lalu bersihkan telur dengan mencuci atau dilap dengan air hangat kemudian dikeringkan.
  2. Untuk menghasilkan telur asin yang bagus maka seluruh permukaan telur harus dibersihkan dan diamplas agar pori-pori telur terbuka.
  3. Selanjutnya, buatlah adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam,dengan perbandingan sama (1:1). Sahabat juga bisa menggunakan adonan yang terdiri dari hasil campuran bubuk bata merah dan juga garam.
  4. Kemudian sahabat tambahkan sedikit air kedalam adonan tadi yang sudah disiapkan, lalu silahkan aduk sampai adonan berbentuk pasta.
  5. Jika langkah diatas sudah sahabat lakukan, maka lanjut dengan membungkus telur dengan adonan yang tadi disiapkan, bungkuslah telur satu persatu secara merata disekeliling permukaan, kira-kira setebal 1-2 mm.
  6. Lalu simpan telur yang sudah dibungkus adonan kedalam wadah kuali tanah atau bisa dengan ember plastik selama 15-20 hari. Usahakanlah agar telur tidak mengalami retak atau pecah, kemudian simpan di tempat yang bersih dan terbuka
  7. Jika semua langkah membuat telur asin diatas sudah dilakukan dengan benar dan berurutan maka membuat telur asinpun sudah selesai,   selanjutnya untuk menghidangkanya tinggal bersihkan telur dari adonan.


Itulah proses cara membuat telur asin paling cepat dan mudah yang bisa sahabat praktekkan sendiri di rumah. Semoga apa yang caraida share kali ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel