Langkah Mudah Cara Mengobati Sembelit Secara Alami

Tahukan sahabat tentang sembelit, seperti apakah sembelit itu?, terkait hal tersebut caraida akan bahas dalam postingan kali ini. Penyakit ini ada hubungannya dengan pencernaan. Istilah lain dari sembelit yaitu konstipasi, untuk lebih jelasnya tentang penyakit ini silahkan sobat baca secara lengkap uraian dibawah ini yang akan menjelaskan tentang apa itu gangguan sembelit dan bagaimana cara mudah mengobati sembelit secara alami dan mudah dilakukan bagi siapapun.

Mengobati sembelit gangguan pencernaan

Apa sembelit itu?

Secara umum sembelit dapat dikatakan sebagai gangguan kesehatan akibat kelainan pada sistem pencernaan, keadaan di mana seorang mengalami pengerasan pada tinjanya yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat yang disebut juga dengan obstipasi. Dan akibat obstipasi yang cukup parah ini bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Penting dipahami sahabat semua bahwa penderita sembelit ini harus secepat mungkin dilakukan pengobatan, karena jika sembelit dibiarkan berlarut-larut akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan suatu hal yang fatal pada penderitanya. Sebelum kita bahas tentang cara mengobati sembelit ada baiknya sahabat mengetahui lebih dulu tentang cara mencegah sembelit itu sendiri.

Langkah Pencegahan Untuk Sembelit

Untuk mencegah sembelit datang menghampiri, ada beberapa langkah pencegahan yang harus dilakukan. Langkah pencegahan ini merupakan langkah yang paling aman dan mudah untuk dilakukan, berikut langkah pencegahanya;
  1. Jangan jajan di sembarang tempat.
  2. Hindari makanan yang kandungan lemak dan gulanya tinggi.
  3. Perbanyak minum air putih, standratnya minimal 1,5 sampai 2 liter air putih (kira-kira 8 gelas) setiap harinya dan bantu juga dengan cairan lainnya setiap hari.
  4. Lakukan Olahraga rutin, seperti misalnya jalan kaki (jogging) bisa dilakukan. Lakukan minimal dalam 10-15 menit untuk olahraga ringan, dan juga minimal selama 2 jam untuk olahraga yang lebih berat.
  5. Biasakanlah untuk buang air besar dengan teratur dan juga jangan suka menahannya berlama-lama.
  6. Banyak-banyak mengkonsumsi makanan dengan banyak serat, seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar.
  7. Tidur minimal 4 jam sehari.


Langkah Pengobatan Sembelit

Untuk mengobati konstipasi atau sembelit, ada beberapa langkah pengobatan secara alami yang dapat dilakukan, beberapa langkah itu diantaranya yaitu dengan pengubahan pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memijat perut, perbanyak minum air putih, meminum jenis minuman prebiotik dan probiotik, latih untuk terus membiasakan diri buang air besar rutin setiap harinya, buatlah jadwal buang air besar atau biasa disebut bowel training

Lakukan terapi tertawa, hal itu  juga dapat sahabat lakukan untuk membantu mengatasi kram paa otot perut, karena dengan tertawa otot perut secara refleks akan bergerak sehingga perut otomatis akan terpijat sehingga dapat mer*ngsang gerakan peristaltik usus dan dapat melancarkan buang air besar.

Untuk penderita obstipasi ini jika mau bisa melakukan hal yang sedikit dipaksa, yaitu dengan mengonsumsi semacam obat pencahar disebut laksatif (yang kadang-kadang menyebabkan perut jadi terasa melilit berlebihan, tinja berbentuk cair, atau bahkan ketergantungan pada obat pencahar), lakukan penghisapan tinja atau istilahnya feses dengan memakai alat khusus, terapi serat, dan langkah pembedahan (walaupun pilihan ini cukup jarang dilakukan).

Ada cara lain untuk mengobati sembelit yaitu dengan menggunakan bawang merah, langkahnya yaitu; siapkanlah bawang merah yang sudah dihancurkan sebanyak setengah gelas, satu gelas susu, kemudian larutkan. Minumlah campuran tersebut setiap pagi sampai sembelitnya hilang.

Penting sekali supaya penderita konstipasi dapat segera sembuh, penderita ini harus dilarang untuk:
  • Menahan buang air besar
  • Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas
  • Makan dalam porsi yang banyak
  • Meminum minuman yang berkafein dan minuman ringan


Itulah sedikit uarain tentang sembelit, semoga penjelasan singkat yang berkaitan dengan langkah-langkah dalam mengobati sembelit secara alami dan aman ini dapat berguna dan memberikan hasil yang baik dan tentunya sesuai harapan.

Artikel ini dikutip dan dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.