7 Jenis dan Manfaat Teh Yang Baik Untuk Tubuh

Meminum teh selain sebagai penghangat badan juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita. Setidaknya ada 7 jenis teh yang kesemuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan kita.

Teh adalah minuman yang bisa dinikmati diberbagai suasana, dapat diseduh dengan air hangat, dicampur telur, madu, jahe, susu dan lainya. Enak juga disajikan dingin dicampur dengan es batu. 

Teh sangat terkenal di dunia, ini karena kandungan manfaat teh yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. 

Ada banyak sekali jenis-jenis teh dengan kandungan alami yang baik untuk kesehatan. Setidaknya ada tujuh jenis teh yang terkenal dan sering dijadikan minuman segar nan sehat. Diambil dari viva.co.id, berikut ini caraida.com bagikan tujuh jenis teh dengan segudang manfaat alami yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Jenis-jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan,

Jenis-Jenis Teh dan Manfaatnya

1. Teh Hijau

Selain teh hitam, teh hijau juga merupakan jenis yang paling umum ditemui. Teh hijau juga disebut-sebut sebagai minuman ajaib yang bisa mencegah berbagai penyakit berat, termasuk kanker, serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Teh hijau ini rupanya bisa juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu menurunkan berat badan kita. Untuk cara yang benar dalam meminum teh hijau yaitu diminum saat masih hangat dan tanpa atau dengan sedikit gula, itu lebih sehat untuk tubuh.

2. Teh Hitam

Kontras dengan white tea, teh jenis ini sangat mudah ditemukan dan punya warna yang sangat pekat. Malah, teh hitam merupakan jenis teh yang kerap Sobat minum di kafe dan restoran. Teh ini juga banyak dijual di supermarket dalam bentuk teh celup dan teh seduh.

Layaknya, teh yang lain, teh hitam juga mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan. Selain itu, teh ini juga yang paling punya banyak manfaat bagi kecantikan. Teh hitam melancarkan pencernaan yang bisa membantu menurunkan berat badan dan sangat baik untuk kesehatan rambut.

3. Teh Putih

Tidak seperti namanya, white tea atau teh putih, tidak berwarna putih. Teh ini merupakan jenis yang paling ringan dari semua jenis teh olahan. Untuk teh puith se3ndiri menjadi salah satu jenis teh yang langka dan susah nyarinya. Hal ini sebanding dengan harganya yang memang agak mahal dan tingginya khasiat yang dimilikinya.

Warnanya yang sangat pucat saat diseduh membuat teh ini disebutwhite tea. Rasanya pun lebih ringan dibanding jenis teh lain. Namun, teh jenis ini justru punya antioksidan paling tinggi. Oleh karena itu, teh putih sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang dalam tahap pemulihan kanker atau punya penyakit akut.

4. Teh Herbal

Teh jenis ini biasanya merupakan campuran teh hijau atau teh hitam dengan berbagai tanaman hebal yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan, juga menenangkan. Salah satu yang paling populer adalah ginger tea atau teh jahe yang dipercaya bisa mengusir flu. Adapun teh serai serta lemon juga bisa membantu menenangkan perut.

5. Teh Rooibos

Warnanya yang cantik membuat teh ini kerap disajikan di jamuan makan malam. Teh rooibos punya warna merah yang memikat serta aromanya yang wangi. Teh rooibos sendiri dibuat khusus dari daun teh Afrika dan hampir tidak memiliki kandungan kafein didalamnya. Untuk itu jenis teh rooibos ini sangat baik diminum oleh mereka yang sering menderita gangguan perut.

6. Teh Mate

Teh mate menjadi salah satu jenis teh yang unik karena rasanya hampir menyerupai kopi, teh mate ini dibuat dari tanaman yerba mate dan rasanya serupa dengan kopi serta warnanya pun pekat. Selain rasa dan warnanya yang unik, teh mate ternyata juga memiliki manfaat yang juga serupa dengan kopi, yakni meningkatkan ketajaman fokus dan memompa adrenalin.

7. Teh Oolong

Salah satu jenis teh yang paling banyak disukai karena cita rasanya yang kuat. Teh oolong sebenarnya merupakan kombinasi antara teh hitam dan teh hijau, sehingga tidak hanya sedap, teh ini juga sehat. Salah satu manfaat utama mengonsumsi teh oolong adalah mengurangi peradangan lambung, sehingga teh ini sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita maag.

Itulah sedikit informasi tentang jenis-jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat membantu sahabat caraida dalam mengenal jenis teh dan juga khasiat teh bagi tubuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel