5 Kerajinan Tangan Unik Dari Barang Bekas Dan Cara Membuatnya

Kerajinan tangan unik menjadadi salah satu kreasi kerajinan yang dapat kita jadikan untuk mengisi waktu luang, dan juga penyalur bakat serta hobi kita dalam menciptakan suatu karya kerajinan yang berguna. 

Kerajinan tangan seperti aksesoris wanita berupa gelang dan kalung unik, tempat tissu cantik dan lucu, Kerajinan dari botol bekas, dan membuat wadah atau tempat serba guna ini ternyata dapat kita buat dari bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai dan dianggap sampah. Bahan bekas tersebut bisa kita sulap menjadi suatu karya kerajinan yang berharga dan bernilai jual nantinya. Dan ini tentu menjadi peluang untuk siapapun yang ingin berbisnis seni kerajinan tangan dari barang bekas.

Aneka jenis kerajinan dari barang bekas unik dan lucu

Membuat seni kerajinan tangan memang memerlukan keterampilan tangan dan ketekunan, dan akan lebih enjoy dilakukan jika didukung dengan hobi. Namun kunci utama disini adalah kemauan, masalah keterampilan itu bisa dilatih dan dipelajari sambil praktek.

Buat sahabat caraida yang ingin membuat karya kerajinan dari barang tak terpakai seperti majalah, Koran bekas, botol, dan stoples bekas berikut ini ada referensi 5 jenis kerajinan tangan unik dari barang bekas yang dapat kalian buat. 

1. Kerajinan Tangan Membuat Tempat Tisu Cantik Dari Kertas Koran Bekas

Membuat tempat tissu unik dari kertas koran bekas

Kerajinan tempat tissu cantik dari Koran bekas menjadi salah satu kreasi kerajinan yang menarik yang dapat kita buat. Seperti sebelumnya bahwa kertas bekas Koran bisa kita jadikan kreasi kerajinan yang bagus dan unik serta bernilai jual tinggi. Tempat tissue dari bahan kertas koran bekas ini spesial caraida bagikan untuk kalian yang tertarik dengan kerajinan tangan dan berkeinginan membuat suatu karya seni yang bermanfaat dari bahan kertas Koran bekas atau bekas majalah, dari pada dibuang dan mubazir dan jadi sampah mending kita manfaatkan sekaligus untuk mengisi kegiatan waktu luangr kita.

Bahan:

Siapkan bahan-bahan seperti kertas Karton, kertas kotak/box, Koran atau majalah bekas yang sebelumnya sudah kalian gulung kecil memanjang, aksesori dari bahan batok kelapa, dan plastik pembungkus.

Alat:
  • Gunting
  • Cutter
  • Pena/pensil (jika diperlukan)
  • Lem kertas
  • Double tape

Cara membuat tempat tisu dari Koran bekas cantik:

Langkah bagian 1 (satu)
  1. Potonglah kertas karton ukuran 20 X 5 cm sebanyak 2 buah.
  2. Potong juga kertas karton ukuran 10 X 5 cm sebanyak 2 buah lembar potongan.
  3. Dan buat potongan kertas karton juga dengan ukuran 20 X 5 cm yang nanti digunakan untuk alasnya sebanyak 1 buah.dan kemudian rekatkan semua sisinya sehingga terbentuk kotak tanpa tutup. Bisa juga menggunakan kotak dompet lucu.
  4. Selanjutnya silahkan kalian letakkan atau tempel double tape di samping permukaan kotak karton secara bertahap dan mulai tempelkan kertas gulung secara vertical atau bisa juga miring, susunan sesuai selera saja.

Langkah bagian 2
  1. Potong karton dengan bentuk seperti pada gambar.
  2. Silahkan lipatlah bentuk bujur sangkar ujung sisi 4 cm. Lalu tempel sisinya dengan kertas gulung secara horizontal.
  3. Kalian bisa menghias sisi yang kosong dengan ornament batok kelapa agar lebih cantik nantinya.

Lakukan semua langkah membuat tempat tissue dari Koran bekas dengan benar dan susun serapi mungkin,  dan kini karya kerajinan tempat tissue kalian sudah jadi dan tinggal memakainya di rumah atau bisa juga kalian jadikan hadiah atau bisa dijual ke orang lain sebagai usaha sampingan.

Dan jika sahabat berkeinginan menjadikan ini sebagai sebuah bisnis, berikut ini caraida bagikan analisis bisnisnya.

Analisis Bisnis tempat tisu dari kerta bekas

Lem*
Rp. 3.000.00
Karton
Rp. 500,00
Tenaga kerja kertas gulung 150 buah @Rp. 100,00
Rp. 15.000,00
Ornamen batok kelapa
Rp. 1.000,00
Plastik kemasan
Rp. 100,00
Total pengeluaran
Rp. 19.600,00
Harga Penjualan
Rp. 30.000,00
Keuntungan
Rp. 10.400,00


2. Membuat Wadah Serba Guna Dari Stoples Bekas

Kerajinan wadah serbaguna dari stoples bekas

Stoples bekas tempat manisan atau bekas permen dapat kita jadikan sebagai seni kerjainan yang cantik, unik dan bernilai jual tinggi. Seperti judulnya bahwa belajar kreatif kali ini akan share tentang cara membuat wadah serba guna dari stoples bekas menjadi kerajinan yang unik, cantik dan bernilai. Ok. Langsung saja berikut cara membuatnya.

Bahan:

Senar kaku, stoples, kertas siput, manik, dan plastic pembungkus.
Cara pembuatan:

  1. Ukur lingkaran stoples. Potong senar kaku sebesar lingkaran stoples dengan ditambah 20 cm untuk memudahkan mengikat ujungnya.
  2. Masukkan kertas siput secara bergantian, lalu ikat pada bagian luar stoples.
  3. Lakukan langkah nomor (2) sampai seluruh stoples terisi lingkaran kertas siput.
  4. Untuk penutup stoples, gunakan tempelan aksesori warna-warni ataupun pita-pita cantik.

3. Membuat Gelang Dari Kertas bekas Majalah

Kreasi gelang cantik dari kertas majalah bekas

Sampah bekas majalah yang ada di rumah, kantor dan sekolah terasa tidak arti dan nilainya jika dibiarkan saja. Dan bahkan akan tampak membuat ruangan kotor dan penuh sesak akibat bekas majalah yang tidak terpakai. Artikel membuat gelang dari kertas bekas majalah ini sengaja kami postingkan guna mengajak sahabat untuk memanfaatkan bekas majalah tersebut menjadi suatu kreasi seni kerajinan yang bernilai dan berharga. Tentu ini merupakan sebuah langkah kreatif untuk sahabat.

Untuk membuat gelang dari kertas bekas majalah berikut langkah-langkahnya.

Bahan membuat gelang

  • Senar elastis
  • Kertas siput
  • Manik dan 
  • Plastik pembungkus

Setelah bahan siap selanjutnya yaitu cara membuatnya

  1. Potong senar elastis sepanjang 30 cm sebanyak 2 buah.
  2. Gunakan manik yang mempunyai lubang tengah yang lebar sehingga cukup untuk 2 senar. Jika tidak maka masukkan manic pada setiap senar, kemudian disusul kertas siput. Lakukan selang-seling sampai seluruh senar telah terisi. Sesuaikan besarnya gelang dengan tangan Soabt. 
  3. Ikat kedua ujungnya dan gelangpun telah jadi.

4. Membuat Kalung Dari Kertas Majalah Bekas

Kerajinan kalung lucu dari kertas bekas majalah

Selain membuat gelang dari kertas bekas majalah kita juga dapat menggunakan bahan serupa untuk membuat kreasi seni kerjainan tangan membuat kalung dari kertas bekas majalah loh. Kalung ini dapat sobat kenakan sendiri atau diberikan kepada pacar atau teman sebagai hadiah.

Untuk membuatnya berikut bahan-bahannya.

  • Senar elastis
  • Kertas siput
  • Manick dan plastik pembungkus

 Dan berikut cara membuatnya

  1. Potong senar elastic sepanjang 80 cm
  2. Ikat mati pada salah satu ujungnya
  3. Masukkan manik terlebih dahulu, kemudian disusul kertas siput. Lakukan selang-seling sampai seluruh senar telah terisi.
  4. Terahir ikat kedua unjungnya dan kalungpun telah jadi dan siap di kenakan.
Jika tertarik silahkan dicoba kreasi seni kerajinan dari kertas bekas majalah ini. semoga bermanfaat.


5. Memanfaatkan Botol Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Unik Menarik

Kerajinan tangan unik dari botol bekas

Botol bekas yang sering kita jumpai di rumah, kantor, sering dianggap sebagai barang rongsokan dan tidak nilainya. Barang-barang bekas seperti botol plastik bekas minuman atau jenis botol bekas lainya ternyata dapat kita ubah menjadi barang berharga, yaitu dengan membuat botol bekas menjadi kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Seni kerajinan tangan memang selalu menarik untuk di kembangkan. Berbagai ide kreatif serta nilai seni yang ditawarkannya selalu membuat kita kagum. Mereka yang selalu mau berjuang menyalurkan ide-ide kreatifnya tak pernah capek untuk selalu berkarya menciptakan kreasi unik dari tangan pintarnya. Berbagai kerajinan tangan yang mengagumkanpun mampu diciptakannya.

Kita juga dapat memanfaatkan kerajinan tangan yang kita ciptakan menjadi barang yang menghasilkan uang. Kita bisa menjual karya handmade yang kita buat dari barang-barang bekas itu kepada orang lain. Tidak sedikit mereka yang sukses di bisnis ini.

Kembali pada pokok bahasan yaitu membuat kerajinan tangan dari botol bekas. Kita ternyata bisa mengubah botol bekas yang semula barang rongsokan dan tidak bernilai menjadi barang kerajinan cantik dan indah yang bernilai jual tinggi. Caranya yaitu:


  • Siapkan botol-botol bekas berbagai bentuk dan ukuran.
  • Sapkan benang berbagai ukurang dan warna, usahakan banyak warna.
  • Sipakan lem, solatip, gunting dan bahan pendukung lainya.
  • Lilitkan benang beraneka warna kebadan botol bekas hingga tertutup semua.
  • Kalian bisa memnjadikan botol bekas yang sudah dihias benang warna-warni ini menjadi vas bunga, hiasan di dinding kamar, rak dan sudut-sudut ruangan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar-gambar kerajinan tangan botol bekas dibawah ini.

Itulah beberapa contoh seni kerajinan unik dan menarik dari barang bekas seperti botol bekas minuman, Koran dan majalah bekas, serta stoples bekas. Selamat mencoba kreasi kerajinan ini dan semoga sahabat menyukainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel