5 Cara Mudah Membersihkan Cumi Yang Benar

Salah satu hal yang menjadi tantangan ketika mau mengolah cumi-cumi yaitu proses membersihkan cumi dari kotoran atau tinta hitam yang khas dari cumi. Untuk membuat cumi tidak mengeluarkan noda hitam maka harus dibersihkan dengan langkah yang benar dan tepat sebelum diolah. 

Tidak di pungkiri bahwa masakan cumi-cumi merupakan salah satu seafood khas Indonesia yang memberikan citarasa yang lezat. Namun, untuk mengolah cumi-cumi menjadi masakan yang lezat ada bagian-bagian pentng yang harus diperhatikan dalam mengolah cumi salah satunya yaitu cara membersihkan cumi.  Tubuh cumi yang berbentuk pipa, kepala yang berkembang sempurna, dan 10 tangan yang panjang yang bermangkuk penghisap tentu harus menjadi perhatian dalam mengolahnya. Ada bagian-bagian dari cumi-cumi yang harus dibuang dan dibersihkan sebelum memasaknya. Cumi-cumi juga memiliki tinta hitam yang dapat membuat daging olahan menjadi hitam dan terasa amis, dan itulah yang harus dibersihkan. 

Cara mencuci cumi-cumi agar tidak hitam dan amis

Untuk sahabat caraida khususnya yang masih bingung dan bertanya bagaimana cara membersihkan cumi-cumi yang benar, berikut berikut ini ada beberapa tips mudah dan langkah praktis yang dapat sahabat lakukan agar cumi-cumi tidak menjadi hitam dan amis.

  1. Pertama, sahabat harus memegang kuat ekornya, lalu tarik bagian kepalanya secara horizontal, Secara otomatis, tinta hitam pada cumi juga akan ikut keluar. Namun, bagi mereka yang akan menggunakan tinta hitam ini dapat memotongnya tepat didekat kantung hitam tersebut layaknya pembuluh darah.
  2. Kedua, Potong tentakel tepat dibagian mulut, sebelum matanya, sehingga tentakel tetap utuh dan Anda bisa mengambil bagian keras di dalam mulutnya.
  3. Perlu diingat bahwa bagian tubuh cumi-cumi dilengkapi dengan tulang yang nampak transparan seperti plastik. Maka sahabat harus mengeluarkan semua tulang tersebut dari dalam badan cumi-cumi.
  4. Fokus selanjutnya yaitu sahabat akan mendapati badan cumi-cumi yang berselimut lapisan ungu berbintik-bintik, lapisan ini juga harus dibersihkan. Guna untuk bisa mendapatkan daging cumi yang putih dan juga bersih, sahabat harus lebih dulu mengelupas lapisan tersebut dengan bersih. Teknik mengelupasnya yaitu dengan mencari bagian ujungnya yang sudah mengelupas dengan sendirinya, kemudian silahkan tarik perlahan keseluruh badan cumi sampai terlepas.
  5. Terahir, cuci bersih cumi dengan air mengalir sambil dibersihkan bagian dalamnya. Buang semua isi perut yang tersisa kotoran sehingga Anda mendapatkan cumi-cumi yang bersih.

Nah itulah cara mencuci cumi yang benar dan agar daging cumi tidak hitam serta amis sebelum kita olah atau dimasak. Tentu dengan cara-cara diatas daging cumi akan lebih bersih dan empuk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel