Inilah 5 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Makanan menjadi bagian penting yang harus kita perhatikan, tubuh membutuhkan asupan gizi dari makanan yang kita makan sehari-hari, untuk itu mengkonsumsi jenis makanan sehat yang dibutuhkan tubuh dapat menjaga stamina tetap kuat dan tidak gampang pikun walau usia sudah tua.

Semakin bertambah tua usia seseorang maka akan semakin lemah daya ingat yang dimilikinya. Benar atau tidak ungkapan tersebut namun itulah kenyataanya. Penyebab lain yang dapat menjadikan daya ingat menurun yaitu stress, banyak masalah, galau dan kurang tidur. Otak jarang dipakai berfikir juga salah satu penyebab menurunnya daya ingat seseorang. Maka sudah seharusnya kita menjaga daya ingat agar tetap tajam dan stabil. Nah kali ini caraida akan akan bagikan uraian singkat tentang cara untuk membangkitkan daya ingat dengan jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan daya ingat.

Sedikitnya ada 5 macam makanan yang ampuh untuk meningkatkan daya ingat kita, jika ingin otak tetap jenius maka konsumsilah makanan-makanan ini.

Lalu kelima jenis makanan ini apa sajakah, baik mari kita simak uraian penjelasan berikut ini.

Macam jenis makanan yang baik untuk pembangkit daya ingat dan kesehatan otak

1. Telur

Telur merupakan bahan makanan penghasil kolin. Kolin merupakan unsur penting dalam pembentukan asetilkolin. Sementara itu, asetilkolin sendiri adalah neurotransmitter yang membantu dalam peningkatan memori.

2. Ikan 

Makanan yang dapat membangkitkan daya ingat lainya yaitu ikan. Ikan sardin, salmon, dan ikan berminyak lainnya kaya akan DHA, jenis asam lemak Omega 3 yang berperan penting mengoptimalkan kinerja otak dan memori. Dengan memakan ikan-ikan tersebut tiga kali dalam seminggu atau mengonsumsi minyak ikan, akan membantu meningkatkan memori.

3. Kenari

Kenari menjadi salah satu makanan yang mampu membangkitkan daya ingat. Ia merupakan sumber utama asam alfalinolenat yang baik untuk tubuh, asam alfalinolenat sendiri adalah jenis lemak Omega 3 yang digunakan oleh tubuh untuk membuat DHA yang mana DHA sangat diperlukan untuk meningkatkan memori/daya ingat. Kandungan lain dari kenari yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Minyak esensial rosemary sering digunakan dalam aromaterapi karena mampu meningkatkan memori dengan mengurangi kecemasan serta menurunkan kadar kortisol. 

Minyak esensial rosemary sering digunakan dalam aromaterapi karena mampu meningkatkan memori dengan mengurangi kecemasan serta menurunkan kadar kortisol. 

4.  Buah Beri

Buah beri mengandung anthocyanidins dan flavonoid yang tinggi. Mengkonsumsinya lebih banyak akan memperlambat tingkat kehilangan memori. Kalian dapat mengkonsumsi buah ini kira-kira setengah cangkir blueberry atau juga 1 (satu) cangkir buah strowberi setiap minggu.

5. Teh Hijau

Teh hijau alami banyak mengandung zat kimia EGCG (epigallocatechin gallate-3), yang merupakan antioksidan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Molecular Nutrition & Food Research, EGCG bermanfaat untuk memerangi penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, termasuk meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Minumlah 3 cangkir teh hijau organik setiap hari guna mendorong kemampuan daya ingat.

Selain kelima jenis makanan tersebut, masih banyak makanan sehat lainya yang dapat kalian jadikan sebagai makanan pembangkit daya ingat. Berikan makanan-makanan tersebut pada anak-anak kita untuk meningkatkan kecerdasannya. Terimakasih semoga ulasan caraida kali ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel