7 Khasiat Daun Sirih Yang Mengagumkan

Daun Sirih yang banyak terdapat di ladang atau pekarangan ternyata memiliki banyak khasiat yang belum banyak kita tahu sebelumnya. Terungkap bahwa ada banyak Khasiat Daun Sirih Yang Tersembunyi di dalamnya. Daun sirih juga memiliki banyak kandungan kimia lho, sirih yang nama latinya Piper betle L mempunyai kandungan kimia minyak atsiri (kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol), dan zat samak.

Daftar Khasiat dan manfaat daun sirih untuk pengobatan dan perawatan kesehatan alami

Dalam pemanfaatan daun sirih sebagai obat kesehatan bagian yang digunakan yaitu daun, getah dan minyaknya. Dari tiga bagian itu ternyata ada 7 khasiat ajaib dari Daun sirih yang tersembunyi di dalamnya. Khasiat-khasiat daun sirih itu antara lain dapat sahabat baca dalam uraian caraida berikut ini:

1. Menghilangkan Bau Mulut  dengan Daun Sirih

Dalam postingan saya sebelumnya sudah sedikit teruraikan tentang khasiat dan manfaat daun sirih yang sangat banyak sekali. nah, kali ini saya akan bagi tips tentang cara Hilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih secara singkat padat dan jelas. 

Mudah sekali untuk menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, tidak banyak rumit kok, silahkan simak penjelasan berikut.

Satu lembar daun sirih setelah di cuci bersih di kunyah-kunyah, di tahan beberapa menit di mulut lalu di ludahkan itu dapat menghilangkan bau mulut kita. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari.

Cara lainya yaitu dengan merebus 5 – 6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah itu dinginkan dan saring lalu gunakan untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore. 

Selain menghilangkan bau mulut tidak sedap cara diatas juga dapat mencegah kerusakan gigi lho.

2. Mengobati Pembengkakan Gusi/Mulut

Khasiat yang kedua dari Daun sirih yaitu untuk Mengobati Pembengkakan Gusi/Mulut. Cara penggunaanya yaitu dengan lembaran daun sirih sebanyak 5/6 helai, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai airnya mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam dan gunakan air hasil saringan tadi untuk kumur – kumur 3 kali sehari. Insyaallah pembengkakan Gusi / mulut akan segera sembuh.

3. Menghentikan Pendarahan Geraham

Sehabis cabut gigi (geraham biasanya) selalu mengalami pendarahan yang banyak. Untuk menghentikan pendarahan, gunakan ramuan ini. 

Ambil daun sirih 10 lembar. Setelah di cuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkat dan saring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1 jam sekali . ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang di sebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

4. Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih juga dapat kita gunakan sebagai penghilang bau badan yang mengganggu. Caranya yaitu ambil daun sirih 2 – 3 lembar di rendam dalam air panas ½ gelas, ditambah satu sendok the gula putih. Biarkan sampai air itu hangat. Setelah sirihnya diambil lalu air bekas rendaman daun sirih itu di minum.

5. Menghilangkan Bau Pada Ketiak

Khasiat Daun sirih yang tersembunyi lainya yaitu dapat di jadikan obat untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap. Cara menggunakanya yaitu silahkan ambil selembar daun sirih dan beri kapur sedikit, lantas di remas – remas, lumatanya dioleskan pada ketiak yang berbau tidak sedap, ini agar baunya hilang.

6. Mengobati Batuk yang mengganggu

Manfaat lain dari sirih adalah untuk obat batuk. Cara penggunaanya yaitu  ambil 5 lembar daun sirih dan siapkan pula cengkeh, kapulaga, kemukus (masing-masing 11 biji), siapkan pula 1 jari tangan kayu manis.

Cara membuat ramuanya yaitu cuci semua bahan sampai bersih setelah itu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas lalu angkat dan saringlah.

Aturan minum :
  1. Untuk Anak umur 1 s.d 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
  2. Untuk Anak umur 4 s.d 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan.
  3. Untuk Anak umur 6 s.d 11 tahun diminum 3 kali sehari dengan takaran 5 sendok makan.
  4. Dewasa 3 kali sehari.

Lakukan secara teratur

7. Untuk Mencegah atau Mengobati Keputihan dengan Daun Sirih

Daun sirih juga dapat di gunakan untuk mencegah atau mengobati keputihan, mengurangi gatal-gatal pada vagina. cara menggunakannya yaitu gunakan rebusan daun sirih buat cebok, sedangkan ramuan untuk diminum biasanya di kombinasi dengan kumis kucing, kunyit, tapak liman atau sambiloto. Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan di beri gula berupa ramuan kunir dan sirih.

Semua penjelasan diatas tentang khasiat daun sirih yang tersembunyi silahkan anda lakukan dengan benar dan teratur agar semua keluhan dapat cepat teratasi. Kenapa harus repot-repot menggunakan obat tradisional seperti ini padahal sudah banyak obat-obat pabrik yang tersedia. alasanya cukup sederhana yaitu selain biayanya lebih murah obat tradisional secara alami lebih aman dan tanpa efek samping.

Itulah manfaat daun sirih untuk pengobatan penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Semoga apa yang caraida infokan ini dapat memberikan manfaat untuk sahabat pembaca semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel