2 Cara Mencegah Kehamilan Paling Aman dan Sehat

Mencegah kehamilan sama saja dengan melakukan cara agar tidak hamil. Banyak pasangan yang berjuang keras agar memiliki anak setelah menikah, namun  banyak juga pasangan suami istri yang berupaya menunda kehamilan atau tidak mau buru-buru punya anak. Mereka yang tidak ingin cepat punya anak melakukan cara-cara dan ritual khusus untuk menghindari hamil atau mencegah kehamilan. pasangan yang seperti ini memiliki alasan khusus kenapa belum pingin punya anak. Secara umum mereka beralasan bahwa belum siap secara mental dan finansial untuk memiliki anak, masih mengejar karir, baru menikah dan masih ingin menikmati bulan madu, masih kuliah dan lainya.

Mencegah kehamilan merupakan salah satu hal yang tidak diperbolehkan dalam islam, namun karena beberapah hal, kondisi dan alasan tertentu mencegah dan menunda kehamilan kadang perlu dilakukan dan itu dibolehkan. Hidup ini memerlukan sebuah perencanaan dan target. Begitu juga dengan membina rumah tangga. Semua butuh persiapan dan perancanaan yang matang. Bukan hanya perencanaan saja kesiapan mental dan finansial juga menjadi sebuah hal yang harus di perhitungkan, dan untuk memiliki anak kita juga butuh mental, finansial yang sudah benar-benar dipersiapkan sebelumnya.

Kembali pada judul diatas, bagi yang tidak mau buru-buru punya anak atau keturunan ada banyak cara yang dapat dilakukan. Namun, secara umum cara menunda hamil terbagi menjadi dua yaitu cara tradisional atau alami dan cara medis atau ilmu kedokteran. 

Cara mencegah dan menunda kehamilan

Penting untuk menjadi catatan bahwa cara mencegah kehamilan secara alami aman dan sehat ini belajar kreatif bagikan buat pasangan suami istri yang belum siap mempunyai momongan. Jadi, bagi pasangan yang belum sah menjadi suami istri sebaiknya tidak melakukan hubungan layaknya pasutri sebelum menikah karena itu akan mengundang banyak resiko. Apalagi menurut agama melakukan hubungan suami isteri bagi yang belum menikah dilarang agama dan termasuk perbuatan dosa besar.

Mencegah Kehamilan Dengan Cara Medis atau Modern

Menunda kehamilan dengan cara medis atau ilmu kedokteran termasuk cara modern yang ditawarkan oleh ahli medis yaitu dengan menggunakan alat kontr*sepsi. Cara ini adalah yang paling popular dan banyak digunakan. Alat kontr*sepsi bisa saja pil K B, bisa dengan kond*m untuk pria dan wanita, bisa pula dengan sperm*sida. Pil K B digunakan secara or*l dan harus dengan resep dokter. Sementara itu kond*m dan sperm*sida bisa langsung dibeli di apotek dan juga toko-toko tanpa harus konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Kond*m berfungsi menampung sp*rma sehingga ia gagal sampai pada sel telur dan tentu tidak akan terjadi pembuahan.

Cara lain yang ditawarkan dari dunia medis yaitu menggunakan cincin Nuva yang dimasukkan ke dalam liang v*gina. Tentu cara ini juga harus melalui konsultasi dan penanganan dokter.  Cara lain yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan sterilisasi atau vasektomi. Caranya dengan menciptakan hambatan tepat di saluran tuba sehingga sp*rma tidak mencapai sel telur. Bagi Anda yang mengkhendaki cara praktis bisa dengan menggunakan perangkat intrauterine atau biasa disingkat dengan nama IUD. Jenis ini dikenal juga dengan nama spiral yang tak lain adalah impan dengan bahan plastik yang dipasang dengan cara ditanam di dalam rahim wanita. Harus diingat bahwa cara yang ditawarkan medis ini semuanya memiliki resiko. Namun tingkat resiko yang diakibatkan memilki perbedaan. Menggunakan kond*m memiliki tingkat resiko yang paling kecil.

Mencegah Kehamilan Dengan Cara Tradisional atau Alami

Untuk mencegah kehamilan dengan cara alami dan tradisional ini, kalian bisa melakukan beberapa cara dibawah ini:

Tidak melakukan hubungan Layaknya Pasuteri ketika masa subur

Cara ini lebih di kenal dengan sistim kalender. Yaitu dimana pria dan wanita tidak melakukan hubungan int*m ketika wanita sedang dalam keadaan masa subur. Masa subur wanita adalah masa dihasilkannya sel telur yang memungkinkan terjadi pembuahan bila bertemu sel sel pria. Jika siklus haid anda masih masuk kedalam kategori normal, umumnya berlangsung selama 27 sampai 30 hari, maka masa subur wanita jatuh pada hari kesebelas sampai dengan dengan delapan belas setelah haid terakhir.

Melakukan hubungn int*m dengan ejkulasi diluar MV

Cara ini juga bisa menjadi alternative untuk mencegah kehamilan. Jadi ketika melakukan hubungn intim laki-laki harus mengendalikan nafsunya untuk ejak*lasi di dalam mis.V. ketika waktu ejakul*si laki-laki melakukannya di luar.

Melakukan hubungan tnpa pen*trasi

Cara ini sedikit sulit karena membutuhkan kesabaran. Umumnya pasangan tidak akan tahan melakukan hubungn int*m tanpa adanya pen*trasi. Jadi sebaiknya diskusikan dulu dengan pasangan ketika mau melakukan hubungan dengan cara ini.

Dengan ramuan tradisional dan alami

Beberapa orang lebih suka menggunakan ramuan tradisional untuk mencegah kehamilan. Banyak tanaman atau tumbuh-tumbuhan di sekitar kita yang memiliki khasiat untuk hal ini. diantara tanaman yang berhasiat mencegah kehamilan yaitu : kunyit, daun sirih, dan daun kunci.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya mencegah terhadinya kehamilan yang tidk diinginkan. Semoga apa yang caraida uraikan ini dapat membantu. 

Ingat..! 

Sekali lagi bagi yang belum menikah atau bukan pasangan suami istri belum waktunya melakukan apa yang dijelaskan diatas, apa lagi sampai melakukan hubungan layaknya suammi isteri, jangan!.. Ingat tuh resiko dan juga Dosa. !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel