Tips Perawatan Mata Hemat Namun Sehat

Perawatan mata harus dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat. “ Dari mana datangnya cinta, dari mata turun ke hati”, nampaknya ungkapan tersebut tak muluk adanya, artinya tak berlebihan. Karena mata adalah jendela hati. Mata begitu jujur mengungkapkan isi hati seseorang. Misalkan seseorang dengan mata cerah, mata yang berbinar, bisa kita tahu bahwa seseorang tersebut sedang bahagia, ceria, atau bisa juga sedang jatuh cinta. Tapi sebaliknya seseorang dengan mata sayu, mata merah, atau disertai kantung mata yang menggantung pada kelopak mata bisa jadi seseorang tersebut sedang sedih, habis menangis atau kurang tidur. Kesemuanya itu tentunya tanpa mengesampingkan fungsi utama mata yaitu untuk melihat.

Seperti kita tahu, mata merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh kita. karena apa yang dilihat oleh mata akan langsung dibawa ke otak, bukan hanya turun ke hati. Sehingga apapun yang dilakukan oleh tubuh kita adalah implikasi dari pengamatan mata.

Namun kesibukan dan rutinitas kerja sering kali tidak disadari telah memforsir kerja mata. Seperti mereka yang bekerja di dunia perkantoran yang setiap hari duduk berjam-jam didepan layar monitor. Sehingga lambat laun, efek samping atau gejala negatif lainnya separti mata lelah, mata merah, mata pedih, bahkan sampai rabun dekat maupun rabun jauh sering kita rasakan.

Tidak hanya karena rutinitas kerja saja yang mampu memicu berbagai masalah pada mata. Gaya hidup dan pola makan yang keliru juga dapat menimbulkan gangguan pada mata.  Buruknya kualitas tidur, kurangnya asupan nutrisi, dan seringnya beraktivitas diluar ruangan yang banyak terpapar sinar UV tanpa pelindung mata salah satunya. sering begadang, akan memicu munculnya lingkaran hitam dibawah mata yang sering kita kenal denga sebutan “mata panda”. Sedangkan terlalu banyak waktu tidur dapat menyebabkan kantung mata bibawah kelopak mata membesar. Tak hanya masalah tidur, kurangnya asupan nutrisi juga akan mempertajam rona kehitaman dibawah mata sahabat seperti mata panda tadi. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang banyak mengandung antioksidan setiap hari seperti buah-buahan dan sayuran. sedangkan  Ketajaman sinar ultra violet yang mengenai mata bisa mengakibatkan berbagai masalah pada mata, seperti katarak, petrigium, fotokeretitis, dan perubahan degeneratif pada kornea mata. Tak hanya beberapa hal tadi, faktor psikologi seperti depresi, stres, dan marah juga  dapat memicu timbulnya masalah pada mata. 

Selain kualitas tidur, asupan nutrisi, dan perlindungan UV, untuk menjaga mata tetap sehat, indah, dan cantik, senam mata bisa menjadi pilihan. Selain gerakannya yang cukup sederhana, waktu pelaksanaannyapun bisa kapan saja. Hemat, cermat, tapi tetap sehat.

gerakan senam mata sehat

Menurut Oei Gin Djing, akupunturis yang juga praktisi chikung dan prana yang tinggal di Jakarta menyarankan sebaiknya sebelum dan sesudah melakukan gerakan senam mata, gosok-gosok telapak tangan sampai panas kemudian tempelkan telapak tangan dimata selama 2,5 menit. Berikut ini adalah gerakan-gerakan senam mata yang baik untuk dilakukan agar mata tetap sehat dan terawat: 

  1. Kepala tegak lurus kedepan. Arahkan pandangan mata keatas(langit-langit), kemudian melihat ke lantai. 
  2. Gerakkan bola mata kekiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga.
  3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata tetap diatas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan ke kanan atas.
  4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakkan bola mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah.
  5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan(selang-seling), dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah.
  6. Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke kanan atas.
  7. Putar bola mata kekiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali, kemudian putar bola mata ke kanan berlawanan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali.


Lakukan gerakan tersebut 5-10 kali setiap hari untuk masing-masing gerakan. Dan pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik.

Itulah beberapa gerakan senam mata yang bisa sahabat coba. Jadikan mata sehat dengan biaya yang hemat. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel