Mengenal Sifat Dan Khasiat Kecubung Untuk Pengobatan

Apakah kalian tahu tentang Kecubung? Tanaman yang memiliki rasa pahit pada buahnya ini merupakan salah satu tanaman obat yang banyak memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kecubung adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah yang beriklim kering. Kecubung banyak tumbuh di tempat-tempat terbuka pada tanah berpasir yang tidak begitu lembab.  Selain sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat, kecubung juga banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah.

Tanaman kecubung yang nama latinnya Datura Metel ini aslinya berasal dari Amerika namun ada sebagian juga jenis kecubung yang berasal dari Asia Tenggara. Kecubung merupakan jenis tanaman perdu dengan ciri-ciri sebagai berikut.

Batangnya tegak, bagian pangkal tanaman umumnya berkayu, bercabang-cabang, tingginya antara  0.5-2 m, dan tanaman ini beracun.

Kecubung berdaun tunggal, bertangkai yang letaknya berhadapan. Helai daun bentuknya bulat telur, dan unjungnya runcing, tepi berlekuk, dengan panjang 6-25 cm, dan lebar 4.5-20 cm.

Kecubung berbunga tunggal, dengan bentuk seperti terompet, tegak, keluar dari ujung tangkai, bunga akan mekar menjelang matahari terbenam dan akan kuncup sore hari berikutnya.

Mengenal manfaat dan khasiat kecubung

Sifat Kecubung

Kecubung memiliki sifat dan khasiat diantaranya yaitu rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat, beracun (toksik), masuk meridian jantung, paru dan limpa. 

Khasiat Kecubung

Kecubung merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat atau manfaat sebagai bahan obat untuk segala penyakit. Dengan kandungan obat yang banyak, Kecubung banyak di tanam di seluruh belahan dunia. di Indonesia sendiri kecubung tersebar luas di berbagai daerah terutama yang beriklim kering.

Kecubung umumnya tumbuh liar di tempat terbuka pada tanah berpasir yang tidak begitu lembab, seperti di semak, padang rumput terbuka, tepi sungai atau ditanam di pekarangan sebagai bahan obat.
Kecubung berkhasiat antiasmatik, antibatuk (antitusif), antirematik, penghilang nyeri (analgesic), afrodisiak dan pemati rasa (anestetik). Bagian-bagian kecubung  terutama biji kecubung, mengandung alkaloid yang berefek halusinogen.

Kandungan kimia kecubung

Sebagai tanaman obat yang banyak memiliki khasiat seperti yang dijelaskan diatas. Kecubung juga memiliki kandungan kimia diantaranya yaitu mengandung 0.3 – 0.4 % alkaloid (sekitar 85% skopolamin dan 15% hyoscyamine), hycoscin dan atropine (tergantung pada varietas, lokasi dan musim). Zat aktifnya dapat menimbulkan halusinasi bagi pemakainya. Jika alkaloid kecubung diisolasi maka akan terdeteksi adanya senyawa methyl crystalline yang mempunyai efek relaksasi pada otot gerak. Bagian-bagian dari tanaman kecubung yang dapat digunakan untuk pengobatan meliputi bagian bunga, batang dan daunnya.

Manfaat Kecubung Untuk Pengobatan Penyakit

Sudah bukan rahasia lagi jika kecubung merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan sebagai obat tradisional atau obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bagian-bagian dari tanaman kecubung yang bisa dimanfaatkan dalam pengobatan meliputi bunga, batang, dan daunya.

1. Bunga kecubung berkhasiat untuk mengatasi:
  • Asma, napas pendek, bronchitis kronik, batuk.
  • Rasa nyeri hebat pada kanker stadium lanjut.
  • Nyeri lambung, rematik,
  • Kejang atau epilepsy (ayan) yang disebabkan rasa takut,
  • Syok (turunya tekanan darah sehingga penderita lemas),
  • Sakit jiwa (psikosis), dan
  • Sebagai obat bius pada operasi (anestesi).
2. Akar kecubung dugunakan untuk pengobatan:

3. Daun kecubung berkhasiat untuk mengatasi:
  • Sesak nafas, batuk rejan, bronchitis,
  • Sakit pinggang, rematik, memar,
  • Ketombe,
  • Lendir di tenggorokan, dan
  • Cacingan.


Obat tradisional atau obat alami sekarang ini memang menjadi pilihan banyak orang dan terbukti  efektif untuk mengatasi segala permasalahan yang ada dan tentu aman tanpa efek samping yang berlebihan.

Catatan Penting!
Kecubung merupakan tumbuhan beracun. Jangan diberikan pada penderita tekanan bola mata meninggi (glukoma), kondisi badan lemah, penderita hipertensi, anak-anak dan ibu hamil. Daun dan biji digunakan sebagai enestesi lokal. Biji kecubung sangat beracun sehingga banyak disalahgunakan untuk berbuat kejhatan.

Itulah sedikit penjelasan tentang khasiat kecubung sebagai tanaman obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Semoga apa yang caraida uraikan tersebut dapat memberikan manfaat bagi sahabat semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel