Tips Mengatasi Tangan Pegal Saat Naik Motor

Kita sering merasakan keluhan tangan pegal dan terasa ngilu saat naik motor, lebih-lebih kita mengendarai motor dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Bukan hanya tangan saja yang terasa pegal badan kita juga ikutan capek dan pegal-pegal.

Mengendarai motor selain harus dengan keahlian khusus serta dengan surat lengkap, kita juga harus menyiapkan fisik yang benar-benar sehat serta prima agar bisa terus fokus dan perjalanan berjalan lancar serta tidak terjadi insiden yang tidak diharapkan saat dijalan.

Walau saat mengendarai motor fisik kita sudah prima dan kuat, namun karena posisi yang konstan dalam waktu yang cukup lama akan membuat telapak tangan terasa pegal dan jari-jari ngilu, lebih-lebih saat menempuh perjalanan jauh ditambah kondisi jalan yang tidak mulus, tentu akan lebih menguras fisik.

Untuk mengatasi tangan pegal ketika naik motor ada beberapa tips yang dapat membantu kalian meringankannya serta menjaga kestabilan fisik saat berkendara. Silahkan ikuti tips dari caraida berikut ini.


Agar tangan tidak pegal saat naik motor

Langkah 1

Lakukan peregangan ringan sebelum naik motor, mulai kaki, leher, pinggang, telapak tangan dan jari-jari tangan kalian. Persiapan ini penting dilakukan untuk menghindari kram ototot, serta peregangan atau senam ringan akan dapat mengusir rasa ngantuk dan memperlancar peredaran darah sehingga fokus tetap terjaga.

Langkah 2

Pastikan juga kondisi kalian benar-benar dalam keadaan fisik yang sehat dan kuat.

Langkah 3

Check mesin kendaraan pastikan benar-benar siap dan sehat untuk dipakai perjalanan, jangan lupa bawa surat-surat lengkap, serta pakai proteksi pengaman diri seperti helm, sarung tangan, jaket, dan sepatu.

Langkah 4

Berdo'a dan selalu waspada. Jangan lupa untuk baca do’a sebelum naik motor dan dalam perjalanan. minta perlindungan dan kelancaran perjalanan kepada Tuhan YME.

Langkah 5

Istirahat di perjalanan ketika merasakan capek dan pegal, jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Langkah 6

Sebagai solusi solusi praktis untuk mengurangi rasa capek dan pegal pada tangan saat naik motor yaitu kalian dapat menggunakan alat sederhana semacam throttle paddle, throttle assist, atau juga biasa disebut throttle rocker. 

Sebagian dari kalian mungkin belum familiar dengan throttle paddle. Namun telah banyak pata bikers yang menggunakannya untuk kenyamanan pegangan tangan di stang motor. Barangkali sebagian kalian pun sudah pernah melihatnya, alat inilah yang sering terlihat merekat pada grip gas motor.

Fungsi Throttle Paddle yaitu untuk dijadikan tumpuan tangan tanpa lagi harus mencengkeram grip seperti biasa. Dengan posisi ini potensi pegal di tangan kanan dapat diminimalisir tetapi juga kontrol gas tetap stabil.

Alat anti tangan pegal ini dari segi harga cukup terjangkau karena hanya belasan dan puluhan ribu saja, tetapi jelas memiliki banyak manfaat seperti menjaga tangan tidak pegal dan kenyamanan dalam memegang gas motor kalian.

Itulah tips mudah dan aman mengatasi tangan pegal saat naik motor. Semoga apa yang caraida bagikan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel