Cara Mematikan Atau Disable Auto Update Windows 10 Permanent

Windows 10 merupakan versi windows terbaru sebagai penyempurnaan seri sebelumnya yaitu windows 8 yang dianggap masih kurang optimal dari segi kinerja dan keamanannya. Windows 10 sendiri memiliki beberapa versi dan varian untuk anda gunakan sesuai kesukaan. 

Dalam menggunakan versi windows 10 ini kalian haruslah memahami benar system pengaturan dan kinerjanya. Sebab secara default win10 di setting untuk melakukan update windows otomatis ketika terhubung dengan internet. Sementara itu win10 ini sering kali melakukan update perangkat OS nya dan ini bagi sebagian pemakai dianggap menggangu dan bikin gak nyaman dalam mengoperasikan komputer.

Demi keamanan serta kinerja lebih baik memang kita harus update windows secara berkala. Namun jika setiap hari ada update jelas akan ngeganggu kinerja kita, apalagi saat kita harus cepat menyelesaikan tugas kerjaan.

Seringnya update di windows 10 juga dapat membuat kita boros kuota, apalagi kuotanya pas-pasan, mungkin ketika memakai koneksi internet dengan wifi masalah kuota data tidak jadi persoalan, namun jika hanya koneksi paket data kartu biasa jelas akan bikin boros kuota. Kelemahan lainya ketika windows 10 aktif auto updatenya yaitu dapat menjadikan windows trouble atau error karena update kepotong ditengah jalan atau installasi update tidak full, biasanya windows meminta repair. 

Lalau bagaimana cara disable update atau mematikan update otomatis di windows 10 ini?

Untuk masalah tersebut berikut ini caraida.com akan bagikan tutorialnya untuk sahabat.

Pertama silahkan nyalakan laptop atau computer kalian, setelah booting computer sukses jangan dulu sambungkan ke internet.

Silahkan masuk ke menu service di windows  10 kalian. Caranya klik Start kemudian di form search yang muncul ketikkan Service. Di popup yang muncul, pilih icon roda gigi dengan tulisan service, klik dan lihat tampilanya. 

Di jendela yang muncul silahkan cari Windows Update, kemudian double klik dan akan muncul jendela baru. Lihat baik-baik, di Startup Type ubah menjadi Disable lalu klik Apply, dan OK. Lihat gambar dibawah ini.

Disable update windows 10

Disabel startup type windows 10

Tutup jendela Service dan selanjutnya beralih ke settingan selanjutnya.

Klik start dan di form pencarian ketikkan Regedit, akan muncul popup dan icon Registry Editor, klik dan tunggu sampai terbuka jendela Registry Editor.

Klik HKEY_LOCAL_MACHINE
Lalu SYSTEM
Lalu Service
Cari dan klik “wuauserv”

Lihat gambar berikut ini baik-baik

menu registry editor windows 10

Cari DependOnService – dan dikolom data double klik “rpcss” – di jendela yang muncul tambahkan “x” diahir “rpcss” menjadi “rpcssx” kemudian klik OK.

Disable auto update windows 10 dari registry editor

Selanjutnya cari ImagePath – di kolom data double klik “%systemroot%\system32\svchost.exe –k netsvcs –p” di jendela yang muncul tambahkan “x” di ahir svchost dan hasilnya menjadi = “%systemroot%\system32\svchostx.exe –k netsvcs –p”, kilik OK. Selanjutnya tutup jendela Registry Editor.

Untuk mengecek apakah settingan sudah benar dan berhasil menghentikan auto update windows 10 anda. Silahkan masuk ke Task Manager. Caranya di pencarian ketik task manager atau dengan menekan tombol CTRL + ALT + DELETE, kemudian pilih Task Manager.

Jendela task manager windows 10

Pada jendela yang muncul silahkan cari wuauserv, jika pada kolom status windows update sudah Stopped itu menandakan setting disable update windows 10 sudah benar dan berhasil. Dan jika masih belum berhasil silahkan restart dulu computer/laptop kalian dan coba lakukan lagi secara benar dari awal.

Itulah trik dan teknik mematikan auto update windows 10 permanet dan aman. Semoga apa yang caraida bagikan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel