Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Kita

Pisang menjadi salah satu buah dengan kandungan gizi tinggi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tibuh serta baik untuk perawatan kecantikan. Pisang ketika sudah tua (matang) memiliki rasa yang manis dan bisa langsung dimakan begitu saja. Pisang juga banyak diolah menjadi bentuk makanan lain seperti keripik pisang, pisang goreng, pisang cokelat, dan jenis kue pidang lainya. 

Kandungan gizi dan manfaat buah pisang

Manfaat buah pisang sudah dapat kita lihat dari kandungan gizi yang dimiliki pisang. Buah pisang yang bentuknya panjang dan rasanya manis ketika sudah masak ini ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat luar biasa. Buah pisang yang memang bertekstur lembut, dan rasanya manis ini sangat disukai oleh semua orang dari balita, remaja hingga orang tua.

Terkait manfaat pisang dan kandungan gizi didalamnya, untuk sahabat yang belum mengetahuinya, kali ini caraida.com akan bagikan kandungan gizi dan manfaat pisang yang dapat kita ambil khasiatnya. Ada dua manfaat yang akan caraida uraikan kali ini yaitu manfaat  pisang untuk kesehatan tubuh dan pisang untuk kecantikan.

Kandungan gizi buah pisang

Ada banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam pisang. Kandungan gizi pisang itu meliputi:
Vitamin B2, Vitamin C, beta-karoten, asam folat; kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, serat, dan karbohidrat.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan gizi yang ada dalam pisang, jelas bahwa pisang banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan rendah lemak sehingga membuatnya menjadi seumber energi yang cepat saji sekaligus menjadi cadangan energi.

Pisang juga merupakan salah satu sumber kalium terbaik yang memberikan perlindungan terhadap serangan tekanan darah tinggi, retensi cairan, dan sangat baik pula untuk diberikan kepada orang yang baru saja pulih dari diare karena dapat segera menggantikan kalium yang hilang.

Pisang juga tinggi kandungan tripotofan salah satu asam amino yang nantinya dikonversikan oleh tubuh menjadi serotonim, salah satu senyawa kimia pada otak yang mampu membuat mood kita menjadi baik dan dapat bikin hati merasa tenang.

Manfaat pisang lainya yaitu jika banyak makan buah pisang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Daftar manfaat pisang untuk kesehatan
  1. Pisang baik untuk pencernaan
  2. Dapat menurunkan tekanan darah
  3. Dapat menurunkan resiko stroke
  4. Untuk meningkatkan stamina olahraga
  5. Membantu organ dan system tubuh berfungsi normal
  6. Mengatasi mual, muntah, migraine, dan gangguan irama jantung.
  7. Untuk pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka lebih cepat
  8. Mengatasi dehidrasi pada tubuh
  9. Meningkatkan daya tahan tubuh
  10. Menjaga kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah
  11. Meredakan nyeri pada ulu hati dan mencegah tukak lambung
  12. Menyehatkan dan menghaluskan kulit tubuh
  13. Dll.


Manfaat Pisang Untuk Kecantikan

Selain manfaat pisang yang sudah dijelaskan di atas, ada mnafaat lain dari pisang yang dapat kita ambil yaitu untuk perawatan kecantikan secara alami.

Buah pisang bisa digunakan sebagai bahan facial alami untuk perawatan kulit wajah. Ini juga sekaligus dapat membuat kulit muka lebih halus dan lembut. Selain itu pisang juga dapat membuat kulit menjadi bersih dan sehat. Baca selengkapnya tentang cara facial agar wajah terlihat cantik berseri.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pisang juga bagus untuk meremajakan kulit , mendetoksifikasi, sekaligus mengencangkan kulit.

Jika kalian memiliki masalah dengan telapak tangan kasar, kering dan bersisik , juga dapat diatasi dengan buah pisang. 

Itulah beberapa khasiat pisang yang dapat kita manfaatkan untuk perawatan kesehatan alami dan perawatan kecantikan. Sementara hanya ini yang dapat caraida jelaskan, mudah-mudahan apa yang telah caraida uraikan tersebut dapat memberikan manfaat bagi sahabat semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel