Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Berbagai Metode

Nyeri haid dan rasa sakit di perut saat menstruasi memang biasa terjadi pada wanita. Semua wanita pasti mengalami haid, dan biasanya ketika mau datang bulan wanita akan mengalami nyeri di perut dan sekitarnya, itulah yang disebut nyeri haid. 

Selain nyeri ketika mau datang bulan, saat haid pun kebanyakan wanita akan mengalami sakit perut. Nah untuk cara mencegah nyeri haid dan sakit perut saat haid  secara alami akan memberikan sedikit solusi alami bagi sobat, khususnya para wanita yang mengalami masalah ini.

Saat nyeri haid

Berbagai Cara Ampuh
Mengatasi Nyeri Haid

1. Kompres dengan air hangat

Dengan mengompres perut dengan air hangat dapat membuat otot perut yang berkontraksi di Rahim sebagai penyebab nyeri haid menjadi rileks. Kalian juga dapat memakai botol yang diisi air hangat, kemudian ditempelkan dibagian perut.

2. Pijatan

Lakukan pemijatan dibagian-bagian tubuh seperti samping dan punggung, hal tersebut dapat membantu menghilangkan nyeri haid. Gunakan pemijatan dengan minyak esensial seperti kinyak zaitun dan sejenisnya.

Selain pijat, metode akupuntur juga mampu mengatasi nyeri haid kalian. Akupunktur yaitu metode pengobatan asal China, metode pengobatan tradisional dilakukan dengan menancapkan jarum-jarum kecil ke tubuh yang menstimulasi tubuh pada tingkatan tertentu. Metode ini kemudian menyebar dan dipraktekkan ke banyak Negara.

3. Olahraga

Olahraga dapat membantu kalian meredakan rasa nyeri haid. Seperti yang diuraikan oleh situs Everyday Health, Olahraga seperti aerobik, akan membantu tubuh memompa lebih banyak darah dan juga membantu melepaskan endorfin untuk 'melawan' prostaglandin, serta nyeri haid hilang.

4. Minum ramuan herbal

Ramuan herbal alami seperti teh, dan juga ramuan madu dan jeruk nipis, serta ramuan daun papaya, kencur dan tumbuhan lainya terbukti ampuh meredakan nyeri haid. Selain itu ramuan ini juga bisa mengatasi masalah terlambat datang bulan serta melancarkan menstruasi.

Teh herbal khususnya teh kamomil misalnya, teh ini berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Chemistry, memiliki kandungan yang ampuh sebagai pereda nyeri, begitu juga nyeri haid.

5. Perbanyak Vitamin D

Vitamin D dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada perut. Untuk itu pastikan tubuh memiliki kandungan vitamin D cukup. 


Cara mencegah nyeri haid dan 
sakit perut saat haid secara alami

Mencegah nyeri haid

Untuk mencegah nyeri haid secara alami kita dapat memanfaatkan brokoli yaitu jenis sayuran dengan nama ilmiah Brassica Oleracea Var italica. Sayuran brokoli bisa kita gunakan untuk mengatasi nyeri haid dan caranya yaitu:

Santap brokoli yang telah diblansir atau dalam bentuk jus sejak tiga hari menjelang haid sampai haid berahir.

Mengatasi sakit perut saat haid

Haid merupakan hal yang pasti terjadi pada wanita dewasa, yang terkadang bisa menimbulkan efek samping yang kurang enak, misalnya sakit perut. Jika terjadi hal ini cara mengatasinya adalah:

Gunakan 30 gram daun pepaya, 30 gr kencur, 15 gram buah asam, garam secukupnya, ditumbuk hingga halus tambahkan air masak secukupnya lalu diperas hingga tertampung 200 cc, dan diminum pada saat haid.

Selain mengatasi perus sakit saat haid daun pepaya juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Contohnya yang masih berkaitan dengan wanita yaitu untuk mengatasi haid berlebihan. 

Itulah sedikit tips dari caraida untuk cara mengatasi nyeri haid dan sakit perut saat haid khususnya untuk sahabat wanita yang mengalami gangguan nyeri saat hadi. Semoga apa yang caraida infokan ini dapat membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel