Sejuta Manfaat Kubis Untuk Pengobatan Dan Menjaga Kesehatan

Kubis (kol) merupakan jenis sayuran dengan berjuta manfaat didalamnya. Banyak orang beranggapan jika kubis adalah sayuran yang tidak enak dan bahkan sering disepelekan karena memang rasanya kurang menarik dan harganya yang relatif murah meriah dan mudah didapatkan.  Namun jangan salah jika kalian tahu khasiat kubis yang sebenarnya hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Fakta menunjukkan jika kubis ternyata lebih memiliki segudang manfaat dan berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh kita secara alami. Dengan khasiatnya yang besar jelas menjadikan kubis sebagai sayuran murah yang kaya manfaat.

Mengenal khasiat Kubis kol untuk pengobatan penyakit

Penelitian membuktikan jika terdapat banyak kandungan gizi di dalam kubis, diantaranya yaitu kubis mengandung vitamin B1, B3, B5, B6, Vitamin C, E, K, U, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng dan serat.

Dengan banyaknya kadungan gizi di dalam kubis seperti yang caraida sebutkan diatas, sekaligus menguatkan jika kubis juga memiliki khasiat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh seperti:

1. Pembasmi kanker

Dengan mengkonsumsi kubis secara teratur ternyata dapat mencegah dan membasmi sel kanker loh. Kubis sendiri masih termasuk keluarga sayuran krusiferus, dan itu membuat kubis juga mengandung indol dan sulforafan, yang merupakan komponen anti kanker yang ampuh.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi sedikitnya tiga porsi sayuran krusiferus setiap minggunya beresiko lebih rendah untuk mengalami kanker prostat, kolesterol, dan paru-paru.

Selain itu kandungan indol pada kubis juga berkhasiat untuk menonaktifkan oestron, salah satu turunan entrogen yang berbahaya karena berkaitan dengan kanker payudra.

2. Untuk menyembuhkan gangguan lambung

Kubis mengandung subtansi unik, vitamin U atau S-metilmetionin yang mampu menyembuhkan luka pada lambung atau usus hanya dalam empat hari. Caranya hanya dengan mengonsumsi empat cangkir jus kol mentah setiap hari, maka penderita akan merasakan sendiri khasiatnya, seperti berkurangnya rasa sakit dan mulai sembuhnya luka di saluran pencernaan. Asam amino glutamin yang memiliki khasiat antiinflamasi tampaknya turut berperan dalam proses penyembuhan luka tersebut.

Khasiat luar biasa lainya dari kubis yaitu dapat dijadikan sebagai bahan makanan terbaik untuk kesehatan saluran pencernaan.  Dengan banyak mengkonsumsi kubis sebagai makanan dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan populasi pertumbuhan bakteri dalam usus besar.

3. Kubis untuk mempercepat proses penyembuhan luka

Lembaran daun kubis dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kaki, luka gores, dan varises ketika ditempelkan pada tempat yang luka. Kubis juga dapat menyembuhkan mastitis atau inflamasi payudra yang dialami oleh ibu ketika menyusui bayinya.

Mengenal Kubis Merah


Ada dua jenis kubis yang ada saat ini yaitu kubis biasa berwarna kuning keputihan, dan kubis merah keunguan atau lebih dikenal kubis merah.

Khasiat dan manfaat jenis kubis merah

Kubis merah adalah salah satu jenis kubis yang juga memiliki banyak khasiat serta manfaat untuk kesehatan. Dilihat dari bentuknya kubis merah sama dengan jenis kubis biasa, namun yang membedakan adalah warnanya yang merah sehingga terlihat unik dan istimewa. Keunikan kubis merah ini merambah sampai khasiatnya yang tinggi. Untuk beberapa khasiat kubis merah sendiri akan caraida ulas berikut ini.

Seperti halnya kubis biasa, khasiat kubis merah juga banyak sekali. Biasanya kubis merah merupakan sayuran yang biasa digunakan dalam salad, memiliki warna yang menarik sehingga mempercantik salad, dan menambah selera. Warna merahnya adalah jaminan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kubis merah merupakan salah satu komponen utama dalam diet Mediterania. Kubis merah telah lama terkenal berkhasiat sebagai pembersih darah. Keistimewaan lainya adalah aktivitas antioksidannya termasuk kategori yang tertinggi.

Kubis merah berlimpah antosianin, senyawa fitokimia yang dapat membantu memperkuat dinding kapiler pembuluh darah dan mencegah inflamasi. Selain itu, kubis merah juga dianjurkan untuk dikonsumsi mereka yang menderita asma atau artiritis. Lebih lanjut, senyawa intibin pada kubis dapat meningkatkan selera makan sekaligus membantu mengoptimalkan pencernaan dan fungsi hati.

Kandungan Gizi Kubis Merah

Kubis merah memiliki kandungan gizi yang banyak sekali yaitu:

Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karotin, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng.

Dengan apa yang caraida uraian tentang manfaat kubis kali ini, semoga dapat mamenambah pengetahuan serta membantu sahabat dalam memahami khasiat, jenis kubis, dan kandungan gizi didalamnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel