Inilah Cara Pertama Menolong Orang Pingsan

Ketika sahabat mendapati seseorang sedang pingsan, kira-kira seperti apa pertolongan pertama yang musti dilakukan ke dia, apakah kalian sudah tahu cara dan tekniknya? Sebelum masuk ke langkah teknisnya sebaiknya pahami dulu apa itu pingsan.

Teknik menolong orang pingsan

Pingsan yaitu kondisi dimana seseorang mengalami  tidak sadarkan diri. Pingsan sering dialami banyak orang. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang membuat seseorang sering atau mudah pingsan. Penyebab pingsan yang sering terjadi yaitu akibat kurang darah, mabuk kendaraan, shok, kena benturan dan lainya.

Kita sering melihat waktu disekolah teman kita ada yang mengalami pingsan saat upacara bendera. Pingsan seperti ini disebabkan bisa karena kurang darah sehingga kondisi badan tidak fit dan lemas.

Lalu bagaimana cara menolong orang pingsan?

Teknik pertolongan pertama pada orang pingsan yaitu dengan beberapa cara sebagai berikut;
  1. Usahakan jangan panik jika kalian melihat teman atau orang lain sedang pingsan.
  2. Silahkan baringkan penderita dengan suasana rileks.
  3. Terus kalian bisa cari minyak kayu putih atau bawang merah. Kemudian dekat hidung (dibawah lubang hidung) oleskan minyak kayu putih atau gerusan bawang merah, dengan adanya bau yang menyengat dari minyak kayu putih atau bawang merah akan membuat penderita segera sadar dari pingsannya.
Itulah cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang pingsan. Dengan sedikit penjelasan ini semoga dapat menambah pengetahuan kalian khususnya dalam menolong orang pingsan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel