Berbagai Cara Alami Mengobati Asma Atau Sesak Nafas

Sesak nafas atau istilah lainya disebut dengan sakit asma merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas, dada terasa sesak dan terengah-engah. Penyempitan yang terjadi pada pipa bronkial (pembuluh tenggorokan) inilah yang menjadikan sesak nafas atau asma.

Asma adalah suatu gangguan yang terjadi pada sistim pernafasan manusia. Kejadian penyempitan pada pipa bronkial (pembuluh tenggorokan) menjadi penyebab asma/sesak nafas. Kronologis terjadinya Ashma karena akibat kondisi di mana jalan udara dalam paru-paru meradang hingga lebih sensitif terhadap faktor khusus (pemicu) sehingga mengakibatkan jalan udara menyempit dan aliran udara berkurang lalu mengakibatkan sesak nafas yang ditandai bunyi nafas mengikik/mengkis.

Sebenarnya asma bukanlah suatu penyakit, ini hanya sebuah gangguan dan kesalahan pada sistem pernapasan saja. Ada juga faktor-faktor lain yang menjadikan seseorang memiliki gangguan asma. Namun dalam asma, ada beberapa tingkatan beratnya, sejumlah faktor pencetus, dan berbagai hasil pengobatan. Jadi, penanganan apa yang baik bagi seorang penderita asma belum tentu cocok bagi penderita asma lainnya.

Kumpulan obat Asma atau sesak nafas alami dan tradisional

Asma terjadi akibat suatu kondisi di mana jalan udara dalam paru-paru meradang hingga lebih sensitif terhadap faktor khusus (pemicu) yang menyebabkan jalan udara menyempit hingga aliran udara berkurang dan mengakibatkan sesak napas dan bunyi napas mengikik.

Umumnya penderita ashma adalah anak-anak, namun tidak sedikit pula para orang dewasa yang masih menderita asma.

Penyebab Asma

Penyakit ini bisa disebabkan karena faktor genetick/keturnan bisa juga disebabkan karena hal lain. Obat sesak nafas/Asma sangat banyak sekali macamnya. Bisa melalui pengobatan dengan cara medis atau melakukannya sendiri dengan bahan-bahan alami yang memang sudah terbukti hasiatnya.
Salah satu penyebab utama asma yang umum terjadi yaitu faktor genetik/keturunan. Kebanyakan orang tua yang memiliki gangguan ashma akan menurun ke anaknya. Ini bisa terjadi sama si bapak atau si Ibu anak tersebut.

Selain  faktor genetik yang menyebabkan ashma, ada faktor lain yang dapat menjadikan seseorang terkena ashma yaitu: Alergi dalam rumah, infeksi virus, aspek lingkungan dalam ruangan seperti AC sentral, polusi udara, stres akibat gaya hidup modern, bahkan pengobatan oleh penderita asma sendiri, diduga kuat sebagai pencetus ashma.

Faktor – faktor utama penyebab/pemicu Asma

Ada beberapa faktor utama yang dianggap sebagai pemicu asma. Faktor ini disinyalir sebagai hal yang paling besar menjadi penyebab ashma yaitu;

  1. Terlalu cape / aktifitas yang mengeluarkan tenaga berlebih
  2. Napas yang terengah-engah sehabis mengeluarkan banyak tenaga sering dianggap sebagai kurang bugarnya tubuh. Ini memicu terjadinya asma pada anak-anak.
  3. Alergen
  4. Serbuk sari merupakan pemicu yang mudah dikenali. Bulu hewan seperti kucing dan kuda, berpotensi mencetuskan asma.
  5. Asap, debu, dan bau menyengat
  6. Asap dan debu mengakibatkan iritasi pada saluran pernapasan. Pilek dan Virus
  7. Emosi dan Stres, perubahan Cuaca
  8. Zat atau bahan kimia tertentu yang mempunyai bau yg tajam.

Gejala Utama Asma

Sedangkan selain penyebab asma diatas, ada gejala utama ashma yang perlu diketahui agar siapapun yang menderita hal-hal dibawah ini tahu jika dirinya sedang terkena asma. Maka, segera lakukan penanganan lebih lanjut jika mengalami gejala dibawah ini;
  • Napas mengikik / atau berbunyi ketika bernapas
  • Sering disertai napas mengikik dan batuk, tapi dapat juga muncul sendiri
  • Sesak napas / Kesulitan bernapas / Dada sesak untuk bernapas
  • Dengan atau tanpa sesak napas, napas yang mengikik dapat muncul jika ada pemicu atau karena sebab lain.
  • Batuk dengan lendir aau batuk kering dapat merupakan pertanda asma.
  • Gejala asma ini dapat rancu dengan gangguan jantung pada orang yang lebih tua.

Hal-hal yang harus dilakukan oleh penderita asma

  1. Penderita asma janganlah merokok
  2. Sebaiknya menghindari pilek sedapat mungkin
  3. Harus hindari terpapar alergen
  4. Bikinlah rencana mengotrol diri sendiri dengan bantuan dokter Anda
  5. Sebaiknya informasikan pada guru tentang ashma Anak Anda dan perlunya persediaan inhaler sewaktu-waktu Hindari tempat di mana ada pemicu asma.

Pengobatan asma yang bisa dilakukan

Untuk mengatasi asma ada beberapa cara yang dapat dilakukan penderita yaitu:

1. Berobat ke dokter

Kalian bisa menggunakan obat khusus ashma dengan anjuran atau resep dokter. Beberapa obat khusus asma yaitu: NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid), dan beta blockers (digunakan untuk mengobati tekanan darah dan kondisi jantung lain), obat oral termasuk aminofilin, leukotriene antagonis, beta-2 agonis, dan tablet kortikosteroid.

3. Mengobati asma dengan bahan alami

Untuk pengobatan asma dengan bahan-bahan alami akan dijelaskan lebih lengkap dibagian bawah artikel ini.

2. Pijat refleksi

Mengobati asma juga bisa dilakukan melalui terapi pijat refleksi. Sekarang ini sudah banyak yang membuka metode pengobatan asma dengan pijat refleksi. Silahkan dicoba jika tertarik.

Obat Tradisional Untuk Asma


Pengobatan asma dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan metode terapi alami dengan obat tradisional dan dengan berobat ke dokter ahli.

Buat penderita asma berat kami sarankan berobat ke dokter, selain penangannya professional anda juga dapat menerima segala masukan serta bebas berkonsultasi tentang gangguan asma yang anda derita.

1. Tolo (embrio/bakal lebah)

Pengobatan lain yang dapa dijadikan alternatif yaitu dengan menggunakan obat tradisional untuk asma. Obat tradisional ini memang sedikit exterim, namun sudah diwariskan secara turun-temurun oelh kakek buyut kita. Beberapa contohnya yaitu dengan menggunakan embrio/bakal lebah yang ada pada sarang lebah, dalam bahasa Jawa disebut “Tolo”.

Cara memakannya yaitu dengan mengolahnya menjadi makanan matang. Bisa dibuat botok tolo atau lainya.

Tolo terbukti memiliki banyak kandungan protein didalamnya yang berkhasiat untuk stamina tubuh dan pengobatan alami salah satunya yaitu obat asma.

2. Hati kelelawar

Cara extrims lainya untuk mengatasi asma yaitu dengan mengkonsumsi hati kelelawar. Carilah kelelawar lalu ambil hatinya. Cucilah bersih-bersih 5 hati kelelawar, kemudian digoreng. Hati ini boleh dimakan sebagai lauk, atau langsung dimakan tanpa nasi. Lakukan sesering mungkin paling tidak seminggu makan tiga kali.

Daftar Bahan Makanan Berkhasiat Untuk Obat Asma Alami

Untuk pengobatan asma dengan bahan alami, ada beberapa bahan makanan alami yang memiliki khasiat mengobati asma. Apa sajakah bahan makanan alami untuk obati asma? Silahkan baca uraian dibawah ini.
Adas

Apakah sobat kenal dengan tanaman yang satu ini? Adas merupakan jenis tanaman berkhasiat obat yang dapat hidup di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan ini dapat hidup di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut, namun akan tumbuh lebih baik di dataran tinggi. Sebenarnya tanaman ini bukan asli Indonesia, tetapi di Indonesia cukuplah popular. Tanaman ini asal mulanya tumbuh di Eropa selatan dan Asia. Karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya ahirnya tumbuhan ini banyak di budidayakan di berbagai Negara seperti India, Argentina, Eropa, Jepang dan juga Indonesia.

Bagian buah adas dapat kita manfaatkan untuk mengobati asma atau gangguan sesak napas. 

1. Kubis Merah

Kubis merah memiliki banyk khasiat untuk kesehatan. Jenis kubis dengan daun warna merah ini bisa kita manfaatkan untuk mengobati asma loh. Selain itu masih banyak lagi tentang khasiat kubis.

2. Biji Rami

Khasiat biji rami untuk mengobati berbagai penyakit sudah tidak diragukan lagi. Salah satu khasiatnya yaitun untuk mengobati asma. Penderita gangguan asma bisa memanfaatkan biji rami sebagai alternatif pengobatan secara alami.

3. Mengobati asma dengan ceremai

Siapkan biji ceremai sebanyak 6 biji, bawang merah 2 butir, akar kara (dolichos lablab) ¼ genggam, buah lengkeng (nephelium longanum) 8 butir, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. 

Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya, sehari 2 kali, masing-masing ¾ gelas. 

4. Bawang Putih

Apakah sobat tahu bahwa salah satu khasiat bawang putih yaitu dapat digunakan untuk mengobati asma? Bawang putih yang biasa dipakai bumbu masak ternyata memiliki khasiat yang banyak sekali. Salah satunya yaitu untuk mengobati asma. 

Untuk mengobati asma, batuk, dan masuk angin kalian dapat menggunakan bawang putih. Dan berikut ini ramuan yang bisa sahabat gunakan.
  • Silahkan sediakan 3 siung bawang putih, cuci hingga bersih.
  • Sediakan juga 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya.

Cara membuat ramuan

Setelah bahan diatas sudah ada, selanjutnya yaitu membuat ramuan obat dengan  bahan-bahan diatas.
  1. Pertama, tumbuklah bawang putih sampai halus
  2. Oplos bawang putih yang sudah di tumbuk halus tadi bersama bahan lainya yaitu madu dan gula batu sampai merata.
  3. Setelah bahan ramuan obat tercampur rata, peras dan saringlah lalu tuang kedalam gelas.
  4. Minumlah setiap pagi sampai sembuh.

Selain bahan makanan diatas, bahan seperti ubi jalar, labu butternut, nori, buah beri (rasberi, acai beri), walnut, mint, dan salmon juga berkhasiat untuk mengobati asma.

Itulah beberapa cara alami mengobati asma yang dapat sahabat coba, semoga apa yang caraida bagikan ini dapat membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel