1001 Khasiat Binahong, Dianggap Sepele Namun Banyak Manfaatnya

Apakah sahabat tahu tentang binahong, ternyata tumbuhan ini kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa untuk pengobatan penyakit serta perawatan kesehatan tubuh kita.

Binahong memiliki bahasa latin yaitu Bassela rubra linn dan inggris Heartleaf maderavine madevinet, merupakan jenis tumbuhan rambat yang sering tumbuh liar dipekarangan ataupaun disawah. Tumbuhan ini umumnya berdaun dengan lebar kurang lebih 3-4 cm dan panjang 4-5 cm. Daunnya berwarna hijau dan batangnya berwarna putih kekuningan serta merambat. Jika daunnya diremas atau ditumbuk akan sedikit berlendir dan keluar cairan seperti jel, daun binahong inilah yang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.

Khasiat daun binahong untuk pengobatan alami

Binahong termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan bisa beradaptasi dengan cuaca, bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, jadi tidak sulit menanam tumbuhan ini. Bisa ditanam di belakang, samping, atau dwpan rumah sekaligus sebagai tanaman hias.

Tumbuhan yang konon berasal dari korea ini,  dari segi bentuk dan sifatnya memang tidaklah begitu istimewa, bahkan sering dianggap sebagai tumbuhan penggangu karena sifatnya yang memang merambat dimanapun ada tempat sebagai rambatan, termasuk pada tanaman lain yang ada di dekatnya. Karena itulah sering orang menyepelekan tumbuhan ini karena dianggap tidak berguna. Padahal faktanya binahong adalah timbuhan dengan segudang khasiat didalamnya.

Fakta menunjukkan jika dari yang memang sudah teruji atau yang sifatnya dianggap sebagai kepercayaan turun temurun. Binahong menjadi salah satu tanaman herbal yang sudah terbukti banyak manfaatnya.

Ciri-Ciri fisik

Manfaat binahong sebagai tanaman herbal dengan sejuta khasiat alami

Pada paragraf awal sudah caraida singgung sedikit mengenai ciri fisik binahong, dimana tanaman ini merupakan tanaman rambat yang saling melilit batangnya. Untuk panjanganjangnya sendiri bisa mencapai lima meter, bahkan bisa lebih. Binahong memiliki permukaan daun yang halus dan hampir semua bagian batang dan pohonnya berbentuk umbi. Memang belum dilakukan pengujian secara kimia pada binahong, namun secara farmakologis tanaman ini memiliki kandungan antioksida dan juga antivirus jika dikonsumsi secara teratur dapat mengobati berbagai penyakit sekaligus menyehatkan.

Kandungan saponin pada binahong bermanfaat sebagai penghambat zat pembentuk kolesterol. Selain itu saponin juga dapat berfungsi untuk mengurangi resiko melemahnya kinerja otak. Bukan itu saja sebab masih banyak manfaat lain dari binahong yang dapat kita ambil.

Banyak referensi yang menyebutkan bahwa diantara khasiat binahong yang dapat kita manfaatkan yaitu seperti:
  • Dapat digunakan untuk mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, radang usus, dan segala luka dalam.
  • Bisa untuk melancarkan serta menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  • Ampuh  mencegah stroke.
  • Berkhasiat sebagai pencegah tumor
  • Ampuh sebagai obat kanker.
  • Bagus untuk mencegah Rheumatik,
  • Mengobati flu tulang,
  • Obat segala sakit persendian.
  • Dapat digunakan untuk menambah dan mengembalikan vitalits daya tahan tubuh.
  • Mengobati wasir (ambeien)
  • Dapat melancarkan buang air kecil, dan air besar.
  • Mengobati diabetes (kencing manis)
  • Mengatasi sariawan berat.
  • Sebagai Obat penghilang pusing-pusing.
  • Untuk Mengobati sakit perut.
  • Mengobati mimisan.
  • Mengatasi gatal-gatal.
  • Sebagai penghangat badan.
  • Mengatasi pegal pegal.
  • Mengatasi masalah kolestrol.
  • Obat sakit Maag,
  • Obat sakit asam urat.
  • Bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pada wajah, yaitu dengan pemakaian seperti memakai masker.
  • Sebagai antioksidan bagi tubuh

Manfaat Utama Binahong

Beberapa manfaat binahong secara nyata dapat dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit dan perawatan kecantikan alami. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini caraida.com berikan daftar manfaat utama Binahong;

1. Sebagai Obat Kanker

Mengkonsumsi rutin air rebusan daun binahong bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan sekaligus pembasmi sel kanker seperti kanker prostat, kanker otak, dan kanker payudra.

2. Baik untuk Menghaluskan kulit wajah
Jika ada yang alami, kenapa tidak dicoba. Untuk membuat wajah halus gunakanlah beberapa lembar daun binahong, Ambil daun kemudian rendam beberapa menit, lalu peras dan ambilah perasan binahong tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan kurang lebih 90 menit.

Perlu sobat tahu jika binahong dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah sehingga wajah akan menjadi lebih halus dan flek hitam akan berkurang.

3. Untuk Mengobati luka

Jika sahabat atau keluarga mengalami luka hingga bedarah, cobalah mengambil daun binahong lalu kunyah. Tempelkan daun binahong yang telah dikunyah ke luka yang berdarah tersebut. Tunggulah hingga mengering, jika luka masih basah maka ulangi memberikan daun binahong tersebut hingga kering.

4. Sebagai obat luka setelah operasi

Selain daunnya, ternyata umbi binahong juga memiliki manfaat yang hebat juga sob. Umbi binahong teenyata bisa untuk mengobati luka setelah operasi.

5. Mengatasi Muntah darah dan batuk

Sahabat dapat menggunakan daun binahong untuk menyembuhkan penyakit mutah darah dan batuk. Caranya yaitu dengan merebus sepuluh lembar daun binahong ditambah dua gelas air. tunggu hingga air tersisa satu gelas saja. Kemudian minumlah air rebusan tadi secara teratur setiap hari.

6. Binahong untuk mengobati radang usus

Dengan mengkonsumsi air rebusan binahong secara teratur, radang usus akan dapat teratasi.

7. Untuk mengobati sariawan akut

Binahong ini dapat menjadi obat herbal untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Yaitu sakit yang sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin C.

8. Dapat melancarkan tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah rendah maupun tinggi kalian bisa mengkonsumsi binahong ini karena salah satu manfaatnya yaitu untuk melancarkan tekanan darah.

9. Untuk mengobati patah tulang

Khasiat binahong lainya yang sangat mengagumkan yaitu mampu mengatasi masalah patah tulang, yaitu dengan memanfaatkan air rebusan binahong. Silahkan rebus sepuluh sampai dua puluh lembar daun binahong dengan ditambah tiga gelas air. Kemudian biarkanlah sampai mendidih dan tinggal menyisakan dua gelas air saja. Silahkan minum larutan binahong tersebut secara teratur. Perlahan tulanh akan kembali pulih.

10. Untuk mengatasi wasir

Wasir merupakan penyakit yang menyebabkan berdarah pada dbur saat buang air besar. Binahong juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit wasir tersebut.

11. Melancarkan buang air kecil ataupun besar

Masalah ekskresi yang tidak lancar menjadi salah satu penyebab datang penyakit. Dengan menggunakan tanaman binahong  ini dapat melancarkan buang air kecil maupun buang air besar.

12. Sebagai Obat luka bakar 

Zat anti mikroba pada daun binahong sangat ampuh mengatasi inveksi pada luka bakar. Tumbukan daun binahong dan tempelkan pada luka bakar. Kaloan juga dapat menambahkan dengan cara merebus daunnya dan minum airnya.

13. Dapat dipakai untuk menghentikan mimisan

Seperti halnya sirih, binahong juga dapat mengatasi mimisan, yang mana sering terjadi pada anak dibawah umur karena selaput pada hidung mereka yang masih tipis sehingga akan mudah mengeluarkan darah.

14. Sebagai Obat Asma

Mengobati asma dengan binahong dapat sahabat lakukan dengan cara berikut.
Silahkan siapkan 7 lembar daun binahong yang masih segar, kemudian rebus dengan menggunakan dua gelas air. tunggulah hingga air mendidih  dan hanya menyisakan satu gelas air. Minumkanlah air tersebut ke penderita asma.

Dengan mengetahui manfaat luar biasa dari binahong tersebut, paling tidak kini kita akan lebih menghargai tanaman herbal yang terlihat tidak istimewa namun berkhasiay tinggi. Dan semoga apa yang caraida uraikan disini memberikan manfaat buat sahabat semuanya.

Referensi :
Buku Obat Tradisional
id.wikipedia.org/binahong
mediatani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel