4 Kecakapan Yang Menentukan Penguasaan Bahasa Inggris Secara Benar (English Ability)

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus bisa kita kuasasi karena merupakan bahasa internasional yang paling banyak dipakai sebagai bahasa komunikasi antar penduduk dunia ini. Jadi menguasai bahasa inggris menjadi hal yang wajib dan harus diwujudkan apalagi sebagai generasi muda sekarang yang memang bahasa inggris sangat berperan dalam penyebaran ilmu pengetahuan (sains), dan teknologi.

Kondisi tersebut sangat dipahami betul oleh pemerintah sehingga sekarang anak-anak SD sudah dikasih mata pelajaran bahasa inggris sebagai pengantar awal mereka dalam belajar menguasai bahasa inggris secara sempurna.

Cara menguasai bahasa inggris secara sempurna memang bukanlah hal yang mudah, karena memang berbeda dengan bahasa keseharian kita. Namun akan sedikit lebih mudah jika sejak dini atau saat masih kanak-kanak kita sudah dikenalkan dengan bahasa inggris tersebut. 

Bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai karena jelas dengan cakap berbahasa inggris serta menguasainya secara baik akan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan dunia luar.
Mungkin mudah saja untuk mengenal menghafal dan mengenal nama-nama benda dengan bahasa inggris, namun apakah kata-kata bahasa inggris yang sudah kalian hafalkan tersebut mampu kalian aplikasikan kedalam kalimat dialog (percakapan) untuk berkomunikasi dengan orang lain? Jawabanya tentu masih akan membutuhkan rangkaian pemahaman lebih jauh.

Jika dalam postingan sebelumnya caraida telah membahas tentang metode belajar bahasa inggris secara cepat untuk sahabat semua, maka untuk kali ini caraida akan membahas lanjutanya dan juga membagikan empat hal penting yang harus dilakukan untuk melatih dan mengukur tentang seberapa jauh kecakapan dalam penguasaan bahasa inggris kalian. Silahkan kalian pelajari dan pahami empat hal berikut ini yang bisa membantu dalam belajar menguasai bahasa inggris secara cakap dan sempurna.

Cakap berbahasa inggris (english ability)

1. Kecakapan mendegar (Ability to listen)

Ability to listen diperlukan Untuk agar saat berkomunikasi dengan orang lain kita memiliki kecakapan mendengar (listening) yang baik. Ini penting  untuk menghindari kesalah fahaman.

CT:  I scream. (Saya berteriak);  Ice cream. (es krim)

Dengan begitu kita harus menguasai benar tentang Ability to listen agar kita mampu membedakan kata-kata seperti yang dicontohkan diatas.

2. Kecakapan berbicara (Ability to speak)

Ability to speak salah satu jenis kecakapan yang biasanya diberikan pelajaran "conversation" atau "percakapan" yang menitikberatkan pada pengenalan bunyi dan lafal bahasa Inggris. Kita juga tahu bahwa antara tulisan dan pengucapan dalam bahasa Inggris terkadang sangat jauh berbeda. Tentang Ability to speak ini harus benar-benar dilatih`

3. Kecakapan membaca (Ability to read)

Agar kita dapat memiliki kemapuan dalam Ability to read atau kecakapan membaca kita harus belajar "Reading Comprehension"  yang merupakan bentuk pemahaman terhadap bacaan secara keseluruhan , yang dititik beratkan pada masalah kosa kata atau vocabulary.

CT: home : rumah; sick : sakit; home sick : rindu kampung halaman. Bukan berarti "rumah sakit" atau "sakit rumah".

4. Kecakapan menulis (Ability to write)

Ability to write bertujuan agar kita bisa mengungkapkan isi hati dan apapun yang ada dalam pikiran kita dalam bentuk tulisan bahasa Inggris. Jadi diharuskan menguasai Grammar atau tata bahasa Inggris dengan baik. Grammar yaitu aturan atau pedoman bagi seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar. Ketika seseorang telah menguasai Grammar dengan baik benar, berarti orang tersebut telah memiliki Ability to write.


Itulah empat jenis kecakapan berbahasa inggris untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam mendengar, berbicara, membaca, dan menulis bahasa inggris secara benar dan tepat serta mahir dalam pengaplikasiannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel