Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Paling Efektif Serta Aman Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sahabat tentu tahu jenis penyakit ini, Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling banyak jumlah penderitanya. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulit-nya. Mungkin jerawat itu biasa karena bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, dan hampir setiap orang pasti pernah mengalami jerawatan. Namun kali ini yang menarik dan perlu kita akan bahas adalah yang jadi Penyebab utama jerawat membandel dan selalu muncul pada wajah atau bisa dibilang jerawat yang sudah parah dan tinggi tingkatanya. 

Bagi anak muda apalagi masa-masa puber jerawat pasti tidak asing lagi dan itu hal yang lumrah. Namun tidak wajar dan terasa aneh jika terdapat orang yang sudah tua atau umurnya sdah kepala tiga masih juga sering terkena penyakit ini. nah itulah yang dimaksud jerawat yang bandel, atau jerawat yang secara tulen terus-meneruh betah berada di wajah. Hal ini tentu harus dicari penyebabnya dan dilakukan langkah mengatasi dan cara menghilangkan jerawat tersebut secara benar.

Penyebab Munculnya Jerawat

Penyebab jerawat, dan cara mengatasi jerawat diwajah

Faktor yang jadi penyebab utama munculnya jerawat baik itu jerawat batu, nanah, air, atau jenis jerawat lainya yang suka bandel sehingga selalu muncul di kulit tubuh atau wajah, semua akan caraida uraikan berikut ini.

1. Tingkat hormon tubuh

Kadar hormon berfluktuasi pada berbagai tahap hidup kita, seperti pubertas dan kehamilan.

2. Racun

Jerawat dapat terjadi kalo tubuh kita mengandung racun melebihi dari yang dapat diatasi oleh ginjal.

3. Stress

Kalo kita berada di bawah keadaan stres ini dapat menumbuhkan jerawat kita.

4. Sebum

Kelenjar minyak kita sendiri dapat menghasilkan kelebihan sebum. Hal ini dapat menumpuk dan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

5. Makanan

Makanan secara signifikan dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Kita harus mengurangi makanan yang telah diproses. Juga harus mengurangi asupan makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung gula tinggi.

6. Make up/kosmetik

Kalo make-up kita mengandung bahan comedogenic ini dapat menyebabkan jerawat. Bahan tersebut biasanya berasal dari minyak bumi. Make-up juga dapat berisi zat warna dan dapat berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

7. Merokok

Ya, merokok dapat meningkatkan risiko jerawat. Klo perlu alasan lain untuk berhenti merokok ini dia satu lagi.

8. Darah kotor

Darah kotor menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat loh. Untuk itu jaga makanan anda tetep berkualitas.

9. Kuman
Kuman menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat diawajah.  Maka sebaiknya selalu menjaga kebersihan wajah anda. Pastikan tangan bersih dan jangan menggaruk kulit wajah dengan kuku.

10. Toner kulit / pemutih

Kalo toner kulit yang kita pake mengandung aseton atau alkohol ini akan mengakibatkan pengeringan kulit dan ini dapat menyebabkan jerawat.

11. Pembersihan yang kasar

Membersihkan dengan sabun yang mengandung bahan kimia seperti deterjen dan wewangian akan menyebabkan jerawat.

12. Sinar matahari

Meskipun berjemur tampaknya awalnya meningkatkan jerawat kita, itu benar-benar mengeringkan kulit kita yang menyebabkan jerawat lebih banyak lagi.

Cara - Cara Efektif Mengatasi Jerawat 

Setelah sahabat mengetahui tentang penyebab utama munculnya jerawat, selanjutnya caraida akan bagikan beberapa tips penanganan jerawat yang sehat dan juga cara mengatasi berbagai jenis jerawat dengan mudah dan aman yang susah dihilangkan alias bandel.  

Jerawat umumnya menyerang pada anak remaja, walau ada juga sebagian orang dewasa yang terkena jerawat pada bagian tubuhnya . umumnya jerawat muncul dibagian wajah penderitanya dan inilah yang dianggap paling menggangu, karena memang ia berada di tempat yang selalu dilihat orang dan itu jelas dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. 

Wajah berjerawat tentu menjadi hal mengganggu, walau memang tidaklah sakit dan berbahaya, namun keberadaanya dapat membuat kulit jadi terlihat jelek , rusak, dan tidak enak dipandang. Jerawat salah satu jenis penyakit kulit yang berbentuk benjolan kecil yang membuat wajah menjadi kasar dan dapat mengurangi kecantikan dan tentu merusak penampilan. Penyakit jerawat memang tidak menimbulkan rasa kesakitan bagi penderitanya, namun jerawat kadang menyebabkan rasa gatal serta nyeri di kulit wajah.

Ada banyak jenis jerawat, diantaranya yang umum adalah jerawat biasa, jerawat batu/jagung, dan komedo. Penyebab jerawat bermacam macam bisa faktor hormonal, kebersihan kulit dan lainya seperti yang sudah caraida jelaskan tadi diatas. Selanjutnya yaitu caraida akan bagikan tips-tips efektif dan cara mudah serta aman mengatasi berbagai jenis jerawat yang sering muncul dan mengganggu kita.

#Tips mengatasi dan menghilangkan berbagai jenis jerawat dengan perawatan alami

Gambar jenis-jenis jerawat yang sering muncul pada tubuh

Untuk mengatasi jerawat secara alami ada beberapa cara yang dapat sahabat lakukan. Pengobatan jerawat secara alami ini ada beberapa tahapan mulai dari pencegahan, perawatan, dan pengobatan dengan bahan dan cara alami. Selengkapnya baca cara alami menghilangkan jerawat.

Selain cara alami diatas kita juga dapat memanfaatkan buah jeruk nipis untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat. 

Jeruk nipis yang merupakan jenis buah jeruk yang rasanya asam, dan sedikit dingin. Jenis jeruk ini memiliki banyak khasiat untuk berbagai pengobatan penyakit ternyata bisa untuk mengobati jerawat di wajah loh. Untuk mengobati jerawat dengan jeruk nipis berikut ini cara-caranya;
  1. Potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya kedalam cawan. Tambahkan 1 sendok the bubuk belerang sambil di aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat.
  2. Potong jeruk nipis masak tipis-tipis. Gosokkan potongan tersebut pada bagian muka yang berjerawat dan berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.

Menggunakan jeruk nipis sebagai obat jerawat sudah dilakukan oleh banyak orang dan hasilnya memuaskan. Kalau ada cara pengobatan alami kenapa harus pilih yang lain. Pengobatan alami lebih natural dan tidak banyak makan biaya serta efek tidak ada efek sampingnya.

Rajin cuci muka secara benar juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi jerawat. Umumnya jerawat muncul karena adanya beberapa bakteri dan kuman di kulit kita. Bakteri dan kuman tersebutlah yang memicu munculnya jerawat. Jadi sebaiknya kita harus rajin cuci muka agar wajah kita bersih dari kotoran. Selengkapnya  bisa baca di cara atasi jerawat dengan cuci muka.

Kesalahan dalam merawat wajah dan pilihan make up yang salah juga dapat menimbulkan munculnya jerawat diwajah. Maka sebaiknya telitilah mana makeup yang cocok dengan jenis kulit sahabat. Jangan memakai make up yang berlebihan. Perhatikan juga kondisi cuaca. Untuk keterangan lengkap baca juga kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat wajah.

Cara mengatasi jerawat hormonal

Jenis jerawat yang satu ini merupakan jenis jerawat yang banyak menyerang anak-anak muda khususnya remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat adalah hormon. Hormon yang berperan dalam timbulnya jerawat adalah hormon androgen. Oleh sebab itu, jerawat hormonal sering diderita oleh mereka yang masih remaja dan sedang menstruasi. Untuk mengatasinya ada beberapa tips dan cara yang dapat sahabat lakukan seperti yang dijelaskan Allwomenstalk yang bisa disimak dibawah ini.

1. Menghindari makanan olahan

Cara terbaik untuk mengatasi jerawat hormonal adalah dengan menghindari makan olahan. Kurangi konsumsi gula dan lemak terhidrogenasi.

2. Tetap bersih

Pastikan  selalu menggunakan pakaian, bantal, seprai dan selimut yang bersih. Kedengarannya begitu sederhana, namun kebanyakan orang sering luput untuk melakukannya. Menggunakan handuk kotor dapat mencemari kulit dan menyebabkan jerawat. Dan selalu mencuci tangan sebelum sahabat menyentuh wajah.

3. Minum teh hijau

Sahabat  bisa menemukan banyak manfaat dari minum teh hijau karena dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Teh hijau juga membantu melawan peradangan, peningkatan kadar hormon dan insulin. Minum sekitar 3 cangkir teh hijau sehari untuk mendetoksifikasi tubuh.

4. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik dalam usus yang membantu usus menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh. Beberapa orang yang mengalami masalah jerawat umumnya memiliki masalah asam lambung, yang dapat menempatkan mereka pada risiko ketidakseimbangan bakteri. Probiotik dapat membantu mengatur bakteri dan mengurangi kadar sebum untuk mengobati jerawat. Probiotik dalam ditemukan dalam yogurt sehat yang dapat Anda temukan di berbagai swalayan.

5. Kunjungi dokter

Jika segala cara sudah Anda coba dan tidak ada perubahan, segera kunjungi dokter kulit dan tanyakan tentang penyembuhan yang tepat untuk masalah kulit sahabat.

Cara cepat dan praktis mengatasi jerawat

Cara lain yang cepat dan praktis serta lebih mudah untuk mengatasi berbagai jenis jerawat yaitu dapat menggunakan metode berikut:

  • Detoksifikasi; Banyak-banyaklah minum air putih, rajin berolahraga dan kalau perlu minum suplemen detoksifikasi. Cara ini dimaksudkan agar racun-racun di dalam tubuh akan keluar dan hilang. Banyaknya racun yang mengendap di dalam tubuh inilah menjadi penyebab munculnya jerawat.
  • Cobalah atur kembali pola makan sahabat, hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Ganti dengan minuman jus buah dan sayur-sayuran hijau yang segar.
  • Kebanyakan para wanita sering menutupi jerawat dengan menumpuk make up di wajah. Hindari, hal ini justru dapat memperparah keadaan, lebih baik di biarkan kering.
  • Atasi jerawat dengan jenis sayuran seperti mentimun. Sayuran dengan kandungan air tinggi seperti timun dipecaya baik untuk kulit berjerawat. Airnya berkhasiat membuang racun-racun yan menyumbat pori-pori. Ditambah lagi, ketimun memiliki efek astringent yang menyejukkan. Jadi efektif untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada jerawat. Disarankan mengonsumsi satu buah ketimun setiap hari.
  • Atasi dengan Susu Rendah Lemak. Salah satu komponen yang paling penting dari kesehatan kulit adalah vitamin A. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak . Bahkan, para ahli mengatakan bahwa kesehatan sel-sel kulit kita tergantung pada vitamin A. Kulit sehat berarti kulit yang bebas dengan jerawat.


Dengan apa yang caraida uraikan tentang penyebab jerawat dan cara mengatasi berbagai jenis jerawat secara cepat dan efektif tersebut semoga dapat memberikan tambahan informasi dan masukan yang baik buat sahabat pembaca caraida terkait permasalahan jerawat. Terimakasih, selalu optimis dan yakinlah bahwa tetap akan ada solusi terbaik!

Artikel ini dirangkum dari berbagai sumber terpercaya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel