Origami; Cara Melipat Uang Kertas Berbentuk Hati (LOVE)

Seni melipat uang kertas masuk dalam kelompok seni origami, uang kertas dengan desain dan warna yang unik tersebut ternyata terlihat keren jika dilipat dengan bentuk hati (love). Jika uang kertas berbentuk lembaran biasa itu normal dan sudah sering kita pegang. Namun bagaimana jika uang kertas kita lipat menjadi bentuk hati bermotif bunga yang cantik, tentu akan terlihat lebih unik dan menarik, ada kesan beda yang ditampilkannya.

Lipatan uang kertas berbentuk hati dengan motif bentuk bunga ini biasanya selain dipakai untuk hantaran kado atau mahar pernikahan, bisa juga untuk hadiah dan kenang-kenangan ke teman atau pacar.

Caraida kali ini akan membagikan tutorial cara melipat uang kertas berbentuk hati dengan tampilan yang lucu buat pembaca semua. dalam tutorial kali ini kami akan jelaskan step by step mulai dari langkah awal sampai ahir yang dilengkapi dengan gambar secara detail sehingga pembaca akan mudah mengikutinya.

Dalam Seni melipat uang kertas berbentuk hati ini kita bebas menggunakan berapa nominal uangnya, bisa 10.000an, 20,000an, 50,000an atau 100,000,an. Dan dalam contoh tutorial kali ini caraida.com menggunakan uang 100.000 an. Baiklah sobat pembaca, mari langsung saja kita mulai dari langkah pertama.

Tutorial melipat uang kertas berbentuk hati

Siapkan uang kertas yang ingin kita buat menjadi lipatan hati berbentuk bunga, usahakan kondisi uangnya masih baru alias belum kusut.

Lipatlah uang menjadi 2 bagian lihat gambar

melipat uang kertas 100 ribuan

Lipat bagian ujung uang menjadi segitiga dan ratakan sisi-sisinya, lakukan untuk sisi kanan dan sisi kiri sehingga membentuk garis pola yang rata. Lihat gambar.

Gambar uang kertas berbentuk hati

Melipat uang bentuk love

Seni melipat uang kertas bentuk hati atau love

Buatlah kotak persegi di bagian tengah garis pola yang tadi dibuat dengan cara menekan-nekan ujuang satu dan ujuang lainya bergantian. Lihat gambar

Seni melipat uang berbentuk bunga hati

Origami uang kertas bentuk bunga hati

Setelah terbentuk kotak yang rata. Lipatlah kotak/pola segi empat yang tadi dibuat menjadi dua. Ratakan ujung dan sisinya. Lihat dalam gambar

melipat uang kertas-1

Image melipat uang kertas-2

Gambar melipat uang kertas-3

Langkah selanjutnya yaitu lipat lagi bagian lipatan segi tiga sisi dalam seperti yang di tunjuk dalam gambar dibawah ini. perhatikan gambar baik-baik .

Gambar origami-uang01

Seni origami uang kertas02

Setelah kedua sudut dilipat buka lipatan yang baru dilipat ambil bagian tengah dan tekan sehingga berbentuk persegi. Lihat dalam gambar

Kerajinan origami uang kertas_01

Gambar kerajinan origami uang kertas_02

Lipat lagi sisi lipatan persegi yang baru saja dibuat sehingga membentuk lipatan kecil segi tiga. Lihat detailnya dalam gambar dibawah ini.

Gambar uang bentuk hati_1

Membuat uang bentuk hati_2

Buka bagian dalam ujung lipatan segitiga kecil yang baru saja dibuat dan tekan ujungnya sehingga membentuk tutup segitiga lagi. Lihat detailnya dalam gambar dibawah ini.

tutorial seni melipat uang-1

Gambar tutorial seni melipat uang-2

Sampai sini membuat lipatan uang berbentuk bunga hati sudah selesai untuk 1 bagian ujung dari uang tadi. Karena tadi uang kita bagi menjadi dua bagian, maka untuk menghasilkan lipatan berbentuk hati kita harus kembali melipat bagian sisi uang yang satunya. Cara dan urut-urutanya sama seperti langkah melipat di ujung yang sudah jadi tadi. Jadi silahkan ulangi langkah diatas untuk melipat sisi satunya dari uang tadi.

Seni kerajinan uang cantik_1

membuat seni kerajinan uang cantik_2

Setelah uang sudah berbentuk seperti ini maka saatnya sekarang kita membentuk uang menjadi seperti hati.

membuat uang berbentuk love

Lipat dan rapatkan bagian sisi kanan dan kiri dari uang yang sudah dibentuk tadi. Sehingga hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini.

Gambar uang berbentuk love motif bunga

Origami seni melipat uang kertas cantik2

Lipat bagian ujung bawah uang hasil lipatan tadi berbentuk segitiga rata dengan garis pola yang tadinya sudah dibuat. Lihat detailnya dalam gambar dibawah.

Gambar uang bentuk hati

Gambar uang32

Setelah sudut dan sisi-sisi pinggir rata dan rapi maka lipat lagi bagian atas ke belakang sehingga uang menjadi berbentuk bunga hati. Lihat detailnya dalam gambar dibawah ini.

Cara melipat uang kertas1

Melipat uang kertas berbentuk hati atau bentuk love

Gambar melipat uang bentuk love

Sahabat pembaca caraida.com, setelah sampai pada gambar terahir diatas, tutorial melipat uang kertas berbentuk hati atau bentuk love sudah selesai. Silahkan dilihat seberapa cantik dan rapi hasilnya, rapikan sisi-sisinya dan bikin semenarik mungkin. Sahabat pembaca dapat menggunakan lipatan uang kertas bentuk hati ini sebagai hiasan dalam dompet atau bisa juga untuk hadiah dan kenang-kenangan ke pacar tersayang atau teman kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel