Cara Servis TV Gak Mau Nyala Dan Mati Total

TV menjadi media informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat kita, Televisi juga menjadi media hiburan yang murah dan bahkan gratis untuk seluruh lapisan masyarakat. Itulah mengapa TV menjadi barang elektronik yang wajib dimiliki dan ada dirumah kita. 

TV merupakan barang elektronik yang kadang muncul kendala seperti kerusakan atau tiba-tiba mati dan gak mau nyala karena ada gangguan pada komponennya. Jika itu terjadi jangan buru-buru panggil tukang servis apalagi ganti TV baru, ada baiknya sahabat mencoba mendeteksi kerusakannya sendiri dan memperbaikinya

Cara servis tv mati alias gak yala ini terbagi menjadi dua kategori yaitu tv mati total dan tv mati tapi lampu merah masih menyala.

Untuk memperbaiki televisi mati tapi lampu merah masih menyala caranya akan caraida bagikan berikut ini.

Panduan teknik servis TV mati total dan gak mau menyala

Jika tv mati standby yang ditandai dengan hanya lampu merah saja yang menyala, biasanya kedip-kedip atau juga sebentar menyala terus mati kembali sebelum keluar gambar, hanya lampu merah saja yang nyala.

Secara teknis ada dua macam standby pada kebanyakan jenis televisi yaitu;

Saat tombol on ditekan, tv langsung mati hanya lampu merah saja yang menyala .

Saat tombol on ditekan, televisi hidup seketika, namun sebelum keluar gambar, tv mati kembali, hanya lampu merah saja yang nyala atau kedip-kedip.

Analisis kerusakan TV Mati tapi lampu merah nyala

Biasanya saat terjadi permasalahan seperti  tv hidup kemudian langsung mati dan hanya lampu merah saja yang nyala, secara umum kerusakan ada pada power supply, kemungkinan tegangan sekunder bermasalah terlalu tinggi atau rendah mulai dari supply ke FBT, RGB, suara atau sound dan supply ke IC control. juga sistem  di on / of IC control, reset, xtal itu juga dbisa jadi penyebabnya. Karena rangkaian IC control bermasalah maka tv bisa hidup ,tidak ada yang mengontrol dan menggerakkan sistem di rangkaian IC tersebut. Dan itulah maka terjadi Tv Mati Standby.

Pada kasus tv posisi on dan hidup seketika lalu mati lagi sebelum keluar gambar berarti power supply  bekerja baik dan IC control mulai mereset / mengontrol seluruh rangkaian rangkaian mulai dari awal masuk nya tegangan menuju FBT, rangkaian horizontal, rangkaian vertikal, RGB dan rangkaian sound yang ada.

Pada setiap rangkaian yang disebutkan diatas biasanya dipasang rangkaian protek yang berhubungan dengan IC control dan IC memory.

Langkah mengatasi kerusakan yaitu dengan memeriksa rangkaian yang utama dan penting terlebih dahulu, biasanya kerusakan ada bagian itu. Kondisi lembab juga bisa terjadi protect atau standby, sebaiknya bersihkan dulu pakai tener, selain itu langkah ini juga mengecek jika ada solderan yang kurang bagus bisa kelihatan.

Servis TV Mati Total / Matot

Untuk bagian ini yaitu memperbaiki tv mati total atau gak ada apapun yang nyala, kecuali hanya semangat kalian untuk memperbaikinya saja yang nyala. ehey...

Hal hal yang dapat menyebabkan kerusakan televisi mati total seperti ini seperti tegangan listrik yang tidak stabil, dan sering menghubungkan tv ke LCD Projector tanpa menggunakan Stavol atau UPS. kebocoran, petir, dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah tv mati total tersebut, langkah yang dapat diambil untuk memperbaikinya yaitu:

Sebaiknya buka tutup belakang tv sobat dengan melepas baut pada body belakang tv.
Bagian-bagian TV akan terlihat seperti pada gambar dibawah:

Bagian dalam body belakang TV yang berisi semua komponen mesin televisi

Dalam bagian Tv tersebut ada blog-blog TV yang harus sahabat lihat, contohnya akan nampak seperti gambar berikut;

Cara cek kerusakan komponen Tv

Lihat bagian yang di lingkari garis hitam itu merupakan bagian power suply, di situlah letak untuk mengecek kerusakan tv.

Caranya yaitu;

Cek sekring yang ada pada bagian power supply, Lakukan dengan menggunakan Avometer. Silahkan putar saklar jangkauan ukur pada Avometer ke arah ohm meter, x1.

Avometer alat untuk mengetest sekring

Lalu ukur sekreng tersebut dengan menggunakan jarum pengukur, biasanya berwarna hitam dan merah. Pertama yaitu cek fuse/sekring terlebih dulu. Tempelkan ujung jarum merah ke salah satu ujung sekreng, dan yang hitam tempelkan pada ujung bagian lainnya. Saat di cek, avometernya tidak menyala/ jarum pada avometer tidak bergerak berarti sekring putus, dan itulah letak kerusakan yang harus segera diperbaiki atau diganti.

Dengan mengikuti panduan tentang cara memperbaiki tv rusak mati total ini, semoga permasalahan mengenai kerusakan televisi sahabat dapat diatasi tanpa harus keluar duit untuk bayar tukang servis tv.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel