Cara Cara Mengatasi Telat Haid Paling Cepat Dan Aman

Telat haid atau terlambat datang bulan merupakan kejadian normal yang biasa dialami oleh kaum perempuan, namun ini akan dianggap jadi masalah jika kondisinya memang pas tidak diinginkannya. Memang walau telat datang bulan sebuah hal yang wajar terjadi, namun keadaan ini sering membuat wanita khawatir dan ingin segera mengatasinya, lebih-lebih memang kondisinya sedang tidak diharapkan terjadi oleh pasangan suami istri.

Telat haid atau keadaan masa menstruasi yang molor dan tidak sesuai dengan jadwal yang semestinya ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Dan ini jangan dianggap suatu kejadian yang aneh karena merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita, biasanya pada mereka yang masih muda.

Ketika seseorang mengalami telat haid sehingga molor dari jadwal memang menimbulkan rasa gelisah dan kepanikan dalam diri wanita, apalagi jika jarak telat haid terlalu lama. Kalian yang mengalaminya jangan panik dan tenang saja karena itu normal, namun jika itu terjadi dengan rentang yang lama atau sampai berminggu-minggu maka langkah pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan. Maka penting bagi para wanita untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan telad haid dan langkah aman cara mengatasi terlambat datang bulan tersebut agar perasaan was-was serta panik tidak terjadi lagi.

Penyebab telat hadi dan cara mengatasinya

Bagaimana cara cepat mengatasi masalah terlambat datang bulan?

Mari silahkan sahabat simak penjelasan caraida berikut ini:

Menstruasi atau haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Siklus menstruasi

Gambar alur siklus menstruasi pada wanita
Siilahkan klik gambar untuk memperbesar, 
gambar ini bersumber dari : balelaaa.files.wordpress.com

Sahabat perlu tahu bahwa siklus menstruasi ini dibagi atas empat fase.

1.  Fase menstruasi

Yaitu, luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hrmon s*ks. Hal iini secara bertahap terjadi pada hari ke-1 sampai 7.

2. Fase pra-ovulasi

Yaitu, masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13.

3. Fase ovulasi

Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan s*ksul pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.

Menentukan masa subur

Bagi pasangan suami istri perlu memahami tentang penentuan masa subur ini. Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan beberapa cara yaitu:
  1. Perubahan periode menstruasi
  2. Perubahan lendir servik
  3. Perubahan suhu basal tubuh

4. Fase pascaovulasi

Yaitu, masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hrmon s*ks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.

Tanda dan gejala

Secara umum rasa nyeri perut merupakan salah satu gejala menstruasi. 
Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi:
  • Perut terasa mulas, mual dan panas.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.
  • Tubuh tidak fit.
  • Demam.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Keputihan.
  • Radang pada M*V.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Emosi meningkat.
  • Nyeri dan bengkak pada payudra.
  • Bau badan tidak sedap.
  • Suara kurang menarik.


Penanggulangan yang bisa dilakukan

Saat menstruasi, rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah.Untuk mengurangi nyeri saat haid, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:
  1. Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
  2. Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
  3. Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
  4. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus.
  5. Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.
  6. Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.


Faktor penyebab telat haid 
atau terlambat datang bulan

Beberapa faktor yang menjadi sebab seorang wanita mengalami telat haid yaitu karena hal-hal berikut:

1. Stres

Stres bisa memicu menstruasi datang lebih cepat namun juga bisa membuat menstruasi seseorang jadi terhambat. Karena ketika kita stres, banyak sistem tubuh yang sebenarnya mulai terganggu dan hal itu bisa berdampak pada siklus datang bulan Anda. Cobalah untuk lebih rileks dan beristirahat lebih banyak dari biasanya.

2. Olahraga

Olahraga juga bisa memicu keterlambatan haid. Banyak atlet wanita yang mengalami amenorrhea atau kondisi di mana dia tidak mengalami menstruasi dalam sebulan. Olahraga yang intens dan cepat menurunkan berat badan memang bisa berdampak pada menstruasi kalian. Bila mengalami penurunan berat badan, kemungkinan hal itu bisa jadi penyebab keterlambatan datang bulan Anda.

3. Pengontrol kehamilan

Salah satu desain alat pengontrol kehamilan didesain agar wanita tidak mengalami menstruasi untuk 3-4 bulan. Bila kalian menggunakan benda ini, jangan lupa untuk mempelajari dampak yang ditimbulkan oleh benda tersebut pada tubuh kalian. Bila belum yakin, kalian bisa menghubungi dokter.

4. Kehamilan

Kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab berhentinya menstruasi kalian. Namun, tidak semua keterlambatan menstruasi berarti hamil.

5. Masalah Kelenjar Gondok

Masalah pada kelenjar gondok bisa juga menjadi penyebabnya. Karena banyak wanita yang memiliki hypothyroidism, yaitu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memroduksi hormon tiroid yang cukup. Beberapa gejalanya antara lain, sensitif pada udara dingin, konstipasi, kulit kering dan pucat, kenaikan berat badan, depresi dan terlambat datang bulan. Sebaiknya lakukan cek darah ke dokter, pengobatannya pun tidak sulit.

6. Berganti Jadwal

beberapa wanita bisa berganti jadwal menstruasi dari yang tadinya tanggal tua menjadi tanggal muda atau pertengahan dan sebagainya. Hal ini juga berhubungan dengan perubahan kebiasaan sehari-hari Anda. Misalnya yang tadinya kerja pagi jadi sering kerja malam dan sebagainya.

Mengatasi telat haid secara alami

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi telat haid atau haid tidak teratur. Berikut ini saya akan membagikan tips cara alami mengatasi telat haid sebagai berikut:
  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis, 2 jari kunyit, garam dan kapur sirih secukupnya.
  2. Campur air perasan kunyit dan jeruk nipis beserta kapur sirih dan garam secukupnya. Saring dan siap di minum
  3. Minum air ini 1X sehari.

Cara alami mengatasi datang bulan tidak teratur

  1. Daun kemuning dan daun pacar kuku (lawsonia inermis) masing-masing bahan segar sebanyak ½ genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
  2. Tambahkan 3 gelas air bersih. Lalu, direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, airnya diminum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Demikian uraian tentang cara mengatasi terlambat datang bulan atau telat haid secara alami dari caraida untuk sahabat pembaca. Walau masih kurang lengkap, namun dengan pengantar yang caraida uraikan tersebut semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat caraida tercinta.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel