Ajaib! Inilah Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kita

Beberapa jenis bumbu dapur seperti bawang putih yang selama ini dianggap hanya sebagai penyedap rasa masakan saja ternyata memiliki manfaat lain yang jauh lebih berharga dan tidak banyak diketahui sebelumnya. Contoh saja seperti bawang putih, selain untuk memberi rasa khas pada masakan ternyata memiliki khasiat lain yang sungguh mengagumkan.

Bawang putih yang sering kita lihat di dapur sebagai bumbu masak menurut beberapa peneliti memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita, ada banyak kanfungan kimia pada bawang putih yang baik untuk perawatan dan penyembuhan beberapa penyakit. Dan mengenai khasiat bawang putih secara panjang akan caraida uraikan dalam artikel kali ini. 

khasiat bawang putih dan kandungan kimia didalamnya

Nama ilmiah dari bawang putih yaitu "allium sativum" merupakan jenis tanaman yang tidak asing bagi kita. Bawang putih termasuk jenis tumbuhan terna berumbi lapis atau suing yang bersusun rapi. Tanaman ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30 – 75 cm, mempunyai batang semu yang berbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akarnya terdiri dari serabut putih yang banyak jumlahnya.

Setiap ubi bawang putih terdiri dari jumlah anak bawang (suing) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih semula merupakan tanaman dataran tinggi, namun sekarang di Indonesia, jenis – jenis bawang tertentu di dataran rendah telah di budidayakan.

Bawang putih di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda,  misalnya Garlic (Inggris) Bawang Putih (Indonesia), Bawang (Jawa), Bawang Bodas (Sunda), Bawang Handak (Lampung), Lasuna Pute (Bugis), Bhabang Pote (Madura); Kasuna (Bali), Kalfeo Foleu (Timor), Bawa Bodudo (Ternate).

Seperti yang sering sahabat lihat, ternyata bawang putih ini memiliki kandungan kimia yang berguna sekali bagi kesehatan. Kandungan kimia alami bawang putih itu diantaranya protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikut ini adalah table kandungan kimia bawang putih . dari per 100 gram umbi bawang putih mengandung :

Kandungan
Berat
Protein
4,5 gram
Lemak
0,20 gram,
Hidrat arang
23,10 gram,
Vitamin B 1
0,22 miligram,
Vitamin C
15 miligram,
Kalori
95 kalori,
Posfor
134 miligram,
Kalsium
42 miligram,
Besi
I 1 miligram
Air
71 gram

Table diatas menunjukkan bahwa betapa banyak kandungan kimia alami yang terkandung dalam bawang putih dan berguna sekali buat kesehatan manusia. Dari beberapa penelitian bawang putih juga mengandung zat aktif (awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, dan nicotinic acid).

Untuk kesehatan tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya yaitu:
  • Asma, Batuk dan Masuk Angin
  • Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Sakit Kepala
  • Ambieien
  • Sembelit
  • Sakit Kuning, sesak napas dan busung air.
  • Luka memar karena tikaman atau tusukan
  • Luka kena benda tajam berkarat
  • Penghilang tahi lalat
  • Sengatan serangga
  • Mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri
  • Sulit tidur
  • Mengusir cacing kremi dan cacing perut
Bawang putih juga dapat dipakai untuk perawatan kecantikan alami seperti menghilangkan bulu kaki, dan penghilang kutil pada tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan alami. Kandungan kimia pada bawang putih juga berguna untuk perawatan kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel