4 Metode Belajar Bahasa Inggris Secara Cepat

Menguasai bahasa inggris sangatlah penting karena di era globalisasi seperti sekarang ini belajar bahasa inggris menjadi sebuah keharusan yang wajib dilakukan, ini karena bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan. Bahkan kita tahu bahwa bahasa teknologi saat ini semua menggunakan bahasa inggris.

Menguasai bahasa inggris dengan baik dan benar tentu menjadi sebuah tuntutan, jika dulu menguasai bahasa inggris seolah tidak begitu penting dan hanya sekedar dijadikan pelajaran tambahan saja, maka lain halnya dengan sekarang ini yang mana bahasa inggris seolah menjadi bahasa wajib yang harus dipelajari dan dikuasai oleh semua orang.

Ada beberapa teknik terbaik cara belajar bahasa inggris cepat yang bisa kalian terapkan untuk mempercepat penguasaan, mungkin jika kalian mengikuti metode belajar di sekolah, untuk menguasai bahasa inggris dengan cepat terasa sulit, karena disamping waktu belajar yang dirasa amsih kurang efektif, terkadang focus siswa juga sering kalah dengan mata pelajaran lain sehingga metode yang diterapkan tidak begitu mudah dimengerti. Untuk itu diperlukan meotde lain untuk belajar bahasa inggris dengan cepat, dan berikut ini metode belajar bahasa inggris terbaik buat kalian yang punya semangat dan kemauan untuk belajar.

Cara mudah belajar bahasa inggris paling cepat


1. Metode Listening


Salah satu metode cepat belajar bahasa inggris yang cepat yaitu membiasakan diri dengan metode listening. Perlu dipahami bahwa listening dalam bahasa Inggris berarti menyimak, bukan mendengar. Jadi mulai sekarang cobalah kalian menyimak setiap percakapan yang diajarkan atau diperdengarkan kala belajar listening bahasa Inggris.

Dalam metode listening diperlukan kesabaran yang lebih, sebab tantangannya yaitu kita harus membiasakan telinga yang sudah akrab mendengar bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, tentu bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah, namun ini sebagai kunci kalian untuk bisa mengucapkan bahasa inggris. Masa adaptasi setiap orang pun berbeda-beda, apabila Kalian adalah pendengar musik yang banyak mengonsumsi lagu berbahasa Inggris, tentunya waktu adaptasi akan berbeda dengan mereka yang hampir tidak pernah “menikmati” bahasa Inggris sama sekali.

Sama halnya dengan skill bahasa Inggris yang lain, kemampuan listening itu bisa didapat secara adaptif jika kita terbiasa mendengar percakapan bahasa Inggris. Belajar listening bahasa Inggris juga akan lebih mudah bagi mereka yang berada lingkungan bahasa Inggris, baik itu lingkungan sosial atau lingkungan belajar sekalipun. Logikanya adalah kita perlu mengetahui cara membaca dengan baik sebelum bisa menulis dengan baik. Begitu juga kita harus belajar listening bahasa Inggris terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa speaking dalam bahasa Inggris dengan fasih.

2. Metode Reading

Menyambung dari metode listening, untuk lebih cepat dalam belajar bahsa inggris yaitu dengaan reading (membaca). Reading adalah salah satu cara yang paling jitu, paling cepat dan paling mudah untuk membantu terbentuknya skill bahasa inggris lain secara praktis. Karena dalam reading sama halnya  dengan memiliki decoder untuk memahami kata, frasa, kalimat, variasi kalimat, dan grammar. Hanya saja dalam bentuk tulisan dan itulah batu loncatan bagi Kalian untuk membentuk listeing skill.

Selain itu kalian juga dapat menggunakan audio book. saat ini banyak sekali adio book yang gratis tersebar di internet. Cara belajarnya Pilih salah satu Audio Book yang manarik menurut kalian. Silahkan baca dulu bab I setelah selesai dengarkan audio MP3 nya. Lalu lanjutkan ke bab II, lalu dengarkan audio. Setalah merasakan kemudahan, cobalah secara dadakan langsung mendengarkan audio tanpa melalui teksnya lagi.

3. Metode Speaking

Speaking atau berbicara merupakan sebuah hal yang begitu penting dan sering menjadi tolak ukur apakah seseorang mampu berbahasa dengan baik atau tidak. Memang benar, bahwa ketika teknik berbicara seseorang cukup bagus, maka ia mampu dianggap bisa dan menguasai bahasa inggris dengan baik.

Dalam belajar bahasa inggris, metode speaking menjadi kunci sejauh mana kalian dapat berbicara dengan bahasa inggris secara baik. Ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mempercepat menguasai metode speaking yaitu:


1. Pakai metode mendengarkan dan menjawab cerita singkat


Agar cepat menguasai bahasa inggris, metode belajar mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir dan terpacu untuk menjawab (berbicara) dengan cepat dapat menjadi solusi. Dengan begini kemampuan bahasa inggris kalian akan terasah dengan sendirinya.


2. Jangan terlalu fokus belajar grammar


Yang perlu kalian ingat dalam belajar metode ini yaitu jangan terfokus ke grammar. menguasai grammar memang penting, tapi jangan terlalu fokus mempelajarinya apa lagi belajar dengan menghapal rumus-rumus karena akan menghambat perkembangan kemampuan berbicara. Jika saat berbicara selalu memikirkan grammar, berbicara jadi tidak natural, terbata-bata, bahkan bisa tidak bisa berbicara sama sekali.


3. Berhentilah membaca buku pelajaran bahasa inggris formal


Satu lagi yang perlu kalian pahami dan jangan sampai terjebak yaitu membaca buku pelajaran bahsa inggri formal. Kalian pasti merasa heran, jika disuruh berhenti membaca buku pelajaran bahasa inggris, itu karena buku pelajaran bahasa inggris yang formal ata umum yang biasa kalian dapatkan di Sekolah atau tempat kursus materinya hanya untuk aktifitas formal saja dan jarang digunakan untuk percakapan sehari-hari.


4. Lakukan belajar secara mendalam


Mempelajari metode ini secara mendalam sangat ditekankan, kalian dapat mempelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti dan mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

5. Mendengarkan Cerpen

Mendengarkan cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan waktu  (tenses) yang berbeda
Ini akan menjadi solusi lain agar kalian cepat menguasai bahasa inggris. Tujuan menerapkan cara ini untuk dapat mengusai grammar tanpa harus menghapal grammar yang cukup membosankan.

6. Belajar bicara, mendengar, dan mengartikan bahasa inggris yang sebenarnya/real

Lakukan belajar bahasa inggris yang sebenarnya
Supaya dapat lebih cepat paham apa yang orang inggris sampaikan dan kita juga bisa berbicara seperti mereka, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan seperti mendengar radio, radio talk show, audio book, audio article, menonton tv ,film, berbahasa inggris.  Cara ini akan membantu kalian dalam mengenal kata dan kalimat bahasa inggris dengan cepat secara baik.

4. Metode Writing and Reading

Salah satu metode cepat belajar bahasa inggris yang dianjurkan yaitu writing kalian reading. Kedua metode ini bisa sama-sama kalian jalankan, karena dengan menulis bahasa inggris tentu kalian juga membacanya juga.

Kalian dapat memilih buku-buku cerita berbahasa inggris yang kalian sukai. Kemudian membacanya secara paham dan coba ceritakan kembali apa yang kalian baca dengan menuliskannya ke sebuah kertas dengan menggunakan bahasa inggris kalian. Untuk langkah-langkahnya agar kalian Judah melakukan metode ini yaitu:
  • Kalian baca cerita tersebut
  • Buka kamus kosa kata baru yang belum dimengerti
  • Baca kembali dan pahami
  • Jawablah pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan tersebut
  • Ceritakan kembali cerita tersebut dengan gaya menulis bahasa inggris kalian.

Itulah empat metode belajar bahasa inggris secara cepat yang cadaida bagikan agar bisa kalian terapkan. Jangan pernah ragu untuk melakukan sesuatu yang orang lain lakukan juga. Intinya terus membiasakan diri menjadi kunci untuk cepat menguasai bahasa inggris. Semoga berhasil!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel