3 Cara Menghilangkan Kutil Kulit Secara Cepat

Hallo sahabat caraida tercinta, saya berharap semoga kita semua selalu mendapatkan keberuntungan, Amiin. Tahukah sahabat apa itu kutil? pernahkah sahabat melihat atau barangkali pernah mempunyai kutil?, bahayakah kutil itu? bagaimana cara menghilangkan kutil?,  Apa obat kutil yang bagus?. pertanyaan tersebut caraida tuliskan diawal karena dalam artikel ini akan dibahas terkait kutil dan cara menghilangkannya.

Untuk menghilangkan kutil yang ada di kulit tubuh kita kali ini caraida akan memakai teknik penghilangan secara alami yang mudah dan cepat reaksinya dan tanpa ribet.

Menghilangkan kutil secara alami

Sebelum kita lanjtukan pembahasan terkait cara menghilangkan kutil, mari kenali dulu apa sebenarnya kutil itu. Kutil dalam istilah medis disebut Papilloma. Papilloma itu sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. 

Bentuk kutil ini bisa bermacam-macam, bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, bisa saja berdarah kalau lecet dan bentuknya seperti bunga kol. Walau letaknya sama-sama benjolan kecil dikulit, namun kutil ini berbeda dengan tahi lalat. Kutil lebih ke benjolan daging yang menonjol berupa tumor jinak. Sedangkan tahi lalat sendiri bukanlah sebuah penyakit.

Kutil disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakit kulit ini yaitu menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.

Macam-macam jenis kutil

Mengobati dan menghilangkan kutil di kulit kaki

Dilihat dari bentuk dan sifatnya, ternyata ada banyak macam-macam kutil. Menurut para ahli sendiri yang meneliti tentang tumor jinak ink, ada beberapa macam jenis kutil yang ada yaitu sebagai berikut:

1. Veruka Vulgaris

Kutil sejenis ini memiliki permukaan yang sangat kasar, serta tekstur yang berupa jendolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Banyak ditemui pada setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di jari-jari, siku dan lutut. Banyak terdapat bintik-bintik kecil yang gelap, berasal dari pembuluh darah beku.

2. Veruka Plantaris

Kutil yang tumbuh pada telapak kaki, namun terkadang tumbuh pada tumit dan jari kaki. Bentuknya datar karena mengalami penekanan akibat berjalan

3. Veruka Plana

Kutil ini berbentuk bulat, datar, mulus dan pada umumnya berwarna kuning, kecoklatan, atau bahkan warna kulit. Sering ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

4.Viruka Filiformis

Merupakan kutil yang bentuknya memanjang, yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir.

5. Kondiloma akuminata (genital warts)


Kutil lembab yang ditemukan di daerah sensi anda. Disebabkan oleh virus yang menular lewat hubungan klmin. Kutil klmin terlihat kecil atau kelihatan seperti kembang kol.

Nah, setelah mengerti tentang kutil dan penyebab dan macam-macamnya . Sekarang jika sobat berniat ingin menghilangkan kutil begini caranya:

Untuk menghilangkan kutil selain melalui pengobatan medis dan penggunaan obat kutil khusus. Ada cara lain untuk menghilangkan kutil yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Silahkan simak 3 cara alami menghilangkan kutil berikut ini.


Meghilangkan Kutil Dengan Kapur sirih dan Sabun Colek

Cara penggunaanya:
  1. Belilah kapur sirih. (belilah yang sudah siap pakai (sudah dilelehkan) biasanya seribu tiga)
  2. Belilah sabun colek. (saya menggunakan sabun cream ekonomi putih (maaf sebut merk, biar pembaca paham)
  3. Campurkan kapur sirih dan sabun colek. (Saya gunakan satu banding satu)
  4. Nah, obatnya sudah jadi
Cara pemanfaatan:
  1. Bersihkan kutil dengan air hangat. (tunggu sampai kering)
  2. Oleskan obat tadi dibagian kutil. (ingat jangan sampai kena kulit yang lain, cukup dibagian yang menonjol saja)
  3. Tunggu beberapa menit sampai terasa sakitnya. (rasa sakit yang ditimbulkan obat ini cukup terasa. rasanya seperti ditusuk jarum. Jadi usahakan sebelum menggunakan obat ini siapkan mental dan fisik.
  4. Lakukan sampai bagian kutil mengering dan terkelupas sendiri. (ingat saat penggunaan langkah 3 diatas, akan keluar darah kotor dari bagian kutil, jangan biarkan nanah (darah kotor) itu mengering karena akan mengganggu proses pelepasan)
  5. Jika kutil sudah kering, maka begas kulit yang menonjol  akan lepas sendiri.
  6. Jika sobat tidak sabar menunggu kutil lepas sendiri, sobat bisa menggoyang-goyangkan kutil kering tadi sampai lepas. Tapi pelan-pelan ya. Kalau masih terasa sakit, jangan dipaksa.
  7. Setelah lepas, jaga kebersihan bagian kutil jangan sampai terluka dan kena iritasi lain. Alhasil, kutil anda tidak kana tumbuh lagi.

Menghilangkan Kutil Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai langkah alternative untuk menghilangkan kutil. Cara penggunaanya yaitu:

Siapkan bawang putih secukupnya yang telah dikupas hingga kulit nya bersih, kemudian potonglah satu siung bawang putih menjadi dua lalu gosokkan bawang putih tersebut ke kulit anda yang terkena penyakit kutil ini. Lakukan cara tersebut secara teratur setiap hari nya hingga kutil yang ada pada kulit anda hilang. Biasanya dengan menggunakan cara ini, penyakit kutil yang ada pada kulit anda akan hilang dalam waktu 5-7 hari.

Menghilangkan Kutil Menggunakan Daun Dewa

Selain dua cara diatas, bahan atau cara lain yang juga tergolong ampuh untuk menghilangkan kutil yaitu dengan menggunakan daun dewa. Caranya seperti ini:

Siapkanlah daun dewa segar secukupnya dicuci bersih lalu dihaluskan. Bubuhkan pada kutil lalu dibalut. Ganti sehari 2 kali. Pemanfaatan daun dewa dengan cara seperti ini juga bisa untuk obat sakit cantengan (bengkak pada kuku jari).

Baiklah sahabat, demikianlah ulasan tentang cara alami menghilangkan kutil pada kulit tubuh yang dapat caraida sajikan. Semoga apa yang sudah teruraikan dapat sahabag pahami dengan mudah serta memberikan manfaat untuk semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel