3 Cara Mengatasi Monitor Komputer Tidak Nyala Dan Ada Bunyi Beep

Beberapa masalah umum komputer yang sering kita hadapi adalah saat kita menyalakan komputer kipas dan lampu power dan led nyala namun dilayar monitor tidak ada tampilan gambar apapaun alias gagal booting. Hal tersebut menandakan ada yang tidak beres dengan beberapa hadware komputer kita.

Biasanya saat kondisi tersebut terjadi CPU komputer akan memberikan tanda dengan bunyi beep. Sedangkan bunyi beep di komputer ada banyak jenis dan faktor penyebabnya. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut kali ini caraida akan mensimulasikan contoh kasus yang pernah saya alami dan berhasil.

Kasus yang saya alami yaitu ketika komputer dinyalakan lampu led power dan kipas nyala namun monitor tidak menampilkan apapun. Intinya komputer tidak berhasil booting dan muncul bunyi beep panjang berulang kali. Langkah yang saya ambil dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mendeteksi bunyi beep yang muncul pada CPU dan kemudian memaksa shutdown komputer dengan cara menekan tombol power lama sampai komputer berhasil mati.

Dalam kasus ini sebenernya untuk mengetasinya harus melihat peringatan berupa bunyi beep yang muncul. Ada beberapa jenis bunyi beep yang umumnya keluar ketika terjadinya permasalahan pada komputer seperti dalam kasus saya ini misalnya bunyi beep panjang apa pendek, dan berapa kali bunyi beep itu keluar, satu kali, dua kali, tiga kali, atau berulang terus.

Langkah mudah sebagai solusi mengatasi permasalahan komputer tidak nyala dan muncul bunyi beep dapat kalian lakukan langkah berikut ini.

Komputer tidak mau nyala dan bunyi beep

1. Jika bunyi beep yang muncul hanya 1 beep saja, maka biasanya yang bermasalah adalah pada Video Card komputer kalian. 

Solusi mengatasinya yaitu silahkan buka tutup casing CPU dan lepaskan video card komputer, lalu bersihkan dengan memakai jenis penghapus karet sampai bersih. Bersihkan juga dari debu-debu yang menempel pada bagian video card dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran yang dapat mengganggu kinerja komponen. Lakukan dengan hatri-hati, jangan terlalu keras menggosoknya. Setelah itu coba pasang kembali video card pada tempatnya kemudian coba nyalakan komputer.

2. Jika bunyi beep muncul dua sampai tiga kali maka dapat dipastikan yang bermasalah adalah bagian RAM komputer. 

Solusi mengatasinya yaitu lepaskan RAM dan bersihkan dari kotoran dan debu. Pakailah penghapus karet untuk membersihkan pada bagian platina dikaki RAM. Bersihkan juga tempat dudukan RAM dari debu dan kotoran yang mengganggu kinerja, lalu coba pasang kembali RAM secara benar dan jangan lupa aktifkan kunci tuas di ujung-ujungnya kemudian nyalakan komputer. Jika masih tidak berhasil coba pindahkan Ram pada slot lainya.

3. Jika bunyi beep terjadi berulang kali secara terus menerus biasanya yang bermasalah adalah processor komputer. 

Solusi mengatasinya yaitu dengan melepaskan processor komputer dan bersihkan bagian pasta yang nempel dan ganti dengan pasta baru. Pasang kembali processor secara benar, kemudian coba nyalakan kembali komputer. Jika belum berhasil mungkin saja ada bagian processor yang memang sudah rusak dan harus diganti.

**NOTE
Dalam kasus yang saya alami tersebut, masalah yang terjadi adalah pada RAM komputer. Setelah saya lepas RAM dan membersihkannya kemudian pasang lagi ahirnya komputer berhasil nyala dengan semestinya.

Demikian sedikit informasi terkait cara mengatasi komputer tidak nyala namun kipas dan lampu led nyala dan muncul bunyi beep. Semoga apa yang caraida bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel